Kesehatan

Jelang Ramadan, Kapolda Sumut Minta Capaian Vaksin Booster 70%



Jelang Ramadan, Kapolda Sumut Minta Capaian Vaksin Booster 70%
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak meminta agar target vaksinasi booster dapat tercapai 70% menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1443 H.

Menurutnya, ini harus dilakukan, sebab pada Ramadan, aktifitas masyarakat akan meningkat, dan juga menjelang Hari Raya Idul Fitri yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melaksanakan mudik karena akan adanya sedikit kelonggaran aturan.

"Harapannya dengan begitu pada saat melaksanakan ibadah bisa menjadi lebih khusuk, namun kami tetap himbau agar prokes tetap di laksanakan," ungkapnya dalam siaran tertulis, Sabtu (12/03/2022).

Panca juga menekankan, karenanya untuk seluruh jajaran dan stakeholder terkait agar terus melaksanakan percepatan vaksinasi terutama pada lansia. Kemudian kepada seluruh Polres jajaran Polda Sumut, dia memerintahkan agar juga mencapai target 70% persen untuk dosis II sebelum masuknya bulan suci Ramadan.

"Oleh karena itu disisa waktu yang ada agar benar-benar dimaksimalkan kegiatan vaksinasi. Agar kita yakin bahwa masyarakat kita siap dalam memasuki masa Ramadan dengan kekebalan imun tubuh yang kuat," tegasnya.

Menurutnya, pentingnya memperioritaskan vaksinasi dosis II terhadap lansia, agar lansia sehat dan memiliki imunitas tubuh yang kuat karena sebagai orang-orang yang rentan terpapar Covid-19. Untuk itu Panca juga meminta kepada setiap Polres melakukan pemetaan dan pendataan terhadap lansia yang belum melaksanakan vaksinasi dosis I, II dan III di wilayahnya masing-masing.

"Kerjasama dengan ketua RT/RW kemudian buat jadwal pelaksanaan vaksinasi secara door to door. Turunkan tim vaksinator untuk penyuntikan kepada masyarakat," pungkasnya.(BS06)


Tag: