Kesehatan

Integrasikan Pelayanan, Puskesmas Belawan Ciptakan Silapus



Integrasikan Pelayanan, Puskesmas Belawan Ciptakan Silapus
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Guna meningkatkan pelayanan kepada pasien, UPT Puskesmas Belawan berinovasi membuat Sistem Layanan Puskesmas (Silapus) yang mengintegrasikan pelayanan di setiap unit, mulai dari registrasi, ruang pemeriksaan, laboratorium, hingga ke apotek.

“Silapus ini kita buat untuk memberikan kenyamanan pada pasien dengan memanfaatkan digitalisasi,” ujar Kepala Puskesmas Belawan, dr Mohd Mukhlis MKes, Senin (09/10/2023), di kantornya.

Mukhlis memaparkan, setiap harinya jumlah pasien Puskesmas Belawan yang berlokasi yang di Jalan Stasiun Kompleks PJKA Kecamatan Medan Belawan sekitar 100-200.

Banyaknya jumlah pasien inilah yang mendorong pihaknya menciptakan Silapus, Sistem Layanan Puskesmas. “Dengan sistem berbasis web ini kita tidak lagi menggunakan status pasien dalam bentuk manual. Status pasien terekam secara digital,” ungkapnya.

Guna menjalankan sistem ini, terangnya, semua unit di Puskesmas dilengkapi komputer. Begitu mendaftar, data pasien sudah terintegrasi di semua unit. “Pasien tinggal datang sesuai dengan alur yang arahkan oleh petugas kami. Data pasien sudah langsung ada dan diupdate di setiap unit,” sebutnya.

Dia mengatakan, pihaknya mendapat dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika Medan untuk pengadaan server untuk penyimpanan seluruh data pasien, termasuk rekam medis pasien.

Sistem ini, lanjutnya, terbukti menciptakan efisiensi waktu. Dia menjelaskan, dengan Silapus petugas tidak perlu lagi mencari status pasien dalam bentuk manual. ”Sekarang ini kita tinggal masukkan NIK pasien, langsung bisa akses datanya,” ungkapnya.

Mukhlis menyebutkan, Puskesmas Belawan ini beroperasi 24 jam. Selain Unit Gawat Darurat (UGD), puskesmas ini mempunyai poli umum, anak, lansia, kesehatan ibu dan anak, paru, gigi, laboratorium pemeriksaan darah, urine, kadar gula darah, kolestrol, dan asam urat.

“Kita penuhi peralatan di setiap poli. Untuk poli paru kita juga punya TCM, Tes Cepat Mokuler yang merupakan alat diagnosis TB terbaru. Layanan kesehatan yang ada di sekitar Medan Utara, termasuk rumah sakit, merujuk ke sini untuk TCM,” sebutnya.


Tag: