Kesehatan

Enam Penyakit Dominasi Kasus di Rumah Sakit Adam Malik Medan



Enam Penyakit Dominasi Kasus di Rumah Sakit Adam Malik Medan
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Selama periode bulan Januari hingga Juli 2023, terdapat sebanyak enam jenis diagnosa penyakit yang mendominasi di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM).

Data ini tentunya memberikan gambaran mengenai kondisi kesehatan masyarakat di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengingat RSUPHAM merupakan rumah sakit pusat rujukan.

Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUPHAM, Rosario Dorothy Simanjuntak menyampaikan, untuk diagnosa pasien rawat inap didominasi oleh pasien dengan masalah jantung.

"Ada 400 kunjungan pasien yang memerlukan perawatan intesif karena masalah jantung. Lalu disusul dengan leukimia (kanker darah) sebanyak 339 kunjungan dan kanker rektum dengan 295 kunjungan. Diagnosa ini menegaskan pentingnya pemahaman tentang faktor risiko dan tanda-tanda awal penyakit ini," ungkapnya kepada wartawan, Senin (07/08/2023).

Sementara itu, untuk pasien yang melakukan rawat jalan ke RSUPHAM, sebutnya, rata-rata sebanyak 800 pasien setiap harinya.

"Kunjungan per hari rawat jalan ada 800 pasien. Untuk itu, kami berkomitmen terus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan upaya dalam mencegah, mengobati, dan mengelola berbagai penyakit yang dihadapi oleh masyarakat," jelasnya.


Tag: