Kesehatan

Dinkes Sumut Ingatkan Masyarakat Jangan Sembarang Konsumsi Antibiotik



Dinkes Sumut Ingatkan Masyarakat Jangan Sembarang Konsumsi Antibiotik
BERITASUMUT.COM/BS06

Beritasumut.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengingatkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi obat terutama antibiotik sesuai dengan anjuran dokter atau tenaga kesehatan berdasarkan hasil pemeriksaan. Hal ini dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah sekaitan peringatan Pekan Kesadaran Antimikroba Sedunia (World Antimicrobial Awareness Week) yang jatuh pada tanggal 18-24 November setiap tahunnya oleh WHO.

"Antibiotik (antimikroba) memang obat yang digunakan tenaga kesehatan untuk membunuh kuman di luar virus, bakteri yang menyebabkan penyakit. Jadi WHO mengeluarkan hari baru Awareness terhadap antimikroba," katanya kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Seperti diketahui, dalam laman FB Kemenkes RI menyampaikan, WHO menetapkan tanggal 18-24 November setiap tahunnya sebagai World Antimicrobial Awareness Week untuk untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bahaya resistensi antibiotik. Kemudian melakukan strategi mitigasi AMR berbasis bukti lewat pengawasan dan penelitian, menggunakan antimikroba secara bijaksana dalam pangan dan pertanian.

Baca Juga : Vaksinasi Anak Direncanakan Dimulai di Tahun 2022

Jadi, lanjut Aris, tentunya terkait penggunaan obat-obatan pembunuh kuman harus diwaspadai. Karena kalau penggunaannya tidak tepat akan dapat menyebabkan gangguan pada tubuh manusia. "Kalau tidak sesuai digunakan, menyebabkan resistensi, maksudnya kuman-kuman penyakit membentuk kekebalan tubuhnya terhadap obat-obatan, sehingga antibiotik dan antimikroba tidak tepat lagi digunakan," jelasnya.


Tag: