Kesehatan

Covid-19 Omicron XXB, Sepuluh Kasus Sudah Ditemukan di Sumut



Covid-19 Omicron XXB, Sepuluh Kasus Sudah Ditemukan di Sumut
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengakui jika saat ini Covid-19 varian baru, yakni Omicron XBB sudah ditemukan. Bahkan Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis menyebutkan, jumlahnya ada sebanyak 10 kasus.

"Kita sudah ada varian XXB, ada 10 kasus," katanya kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

Menurut Ismail, 10 kasus Omicron XXB itu menyebar di Sumut. Kendati begitu dia tidak merinci di mana saja daerah di Sumut yang sudah ada kasus Omicron XXB ini.

Sementara itu, disinggung terkait protokol pemulsaran jenazah, Ismail mengaku kalau prosesnya saat ini masih sesuai aturan prokes.

"Iya, penguburan jasad korban Covid-19 masih sesuai Prokes," katanya.

Hal itu, terang dia, dilakukan karena saat ini Sumut masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan Kota Medan sudah menerapkan kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level I.

Oleh karena itu, Ismail meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan mengindari kerumunan.

"Hari ini kita bersama UPT juga membagikan masker kepada masyarakat untuk mencegah Covid-19," jelasnya.

Saat pembagian masker itu, sebutnya, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti vaksinasi. Kemudian, sambung Ismail, apabila masyarakat yang mengalami gejala seperti batuk, demam dan bersin segera istirahat.

"Kalau memang sudah ada komorbid segera ke rumah sakit," tandasnya.(BS04)


Tag: