Kesehatan

Tiga Kabupaten/Kota di Sumut KLB Campak dan Difteri



beritasumut.com -Tiga daerah di Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan difteri. Masing-masing KLB campak di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Sementara KLB difteri terjadi di Kabupaten Langkat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) drg Ismail Lubis, menyatakan, sejak pandemi Covid-19 berlangsung cakupan imunisasi di Indonesia termasuk Sukut mengalami penurunan signifikan. Karenanya, hal ini tentu akan meningkatkan risiko terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan imunisasi.

"Dan sudah terjadi di beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk Sumatera Utara. Di mana terjadi KLB campak di Sibolga dan Tapteng serta difteri di Langkat selama Tahun 2022," ungkapnya dalam Webinar bagi Masyarakat Umum dan Tokoh Agama dalam Rangka Perayaan Pekan Imunisasi Dunia tanggal 16-22 April 2022, Kamis (15/04/2022).

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, imunisasi merupakan salah satu upaya yang aman dan efektif untuk melindungi anak-anak kita secara aktif terhadap penyakit-penyakit berbahaya seperti campak, rubella, polio, difteri, pertusis, tetanus atau penyakit lainnya.

"Vaksin telah menyelamatkan nyawa tanpa pandang bulu sejak 1798. Imunisasi cacar adalah yang pertama perlawanan terhadap penyakit. Untuk pertama kalinya, vaksin memberi semua orang kesempatan," jelasnya.


Tag: