Kesehatan

Sebanyak 40 Hewan Ternak Kambing dan Lembu Terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku di Pancur Batu



beritasumut.com -Sebanyak 40 hewan ternak kambing dan lembu milik warga di Desa Namo Bintang, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang diduga terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) warga memastikan tidak ada satu pun hewan ternak yang mati meskipun terjangkit PMK.

"Saat ini sudah ada 20 hewan ternak kambing dan 20 ekor lembu terjangkit PMK, tapi tidak ada yang mati," ucap Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP Efendi Sinaga kepada wartawan, Rabu (29/06/2022).

Kegiatan Binmas Polrestabes Medan melakukan pengecekan itu dalam rangka melihat hewan ternak dan temuan 40 ekor kambing dan lembu terinfeksi PMK di wilayah hukum Polsek Pancur Batu.

Selain itu, melakukan pengecekan hewan ternak bersama Bhabinkamtibmas Desa Namo Bintang, Kecamatan Pancur Batu Aiptu Romel Sunaraya didampingi Kadus 2 bapak Ucok Bangun di Desa Namo Bintang, Kecamatan Pancur Batu.
"Jumlah hewan ternak terinfeksi sebanyak 20 ekor kambing dalam keadaan sehat. Hewan yang terinfeksi PMK sudah dilakukan isolasi, dan pengobatan dari mantri hewan, " ujarnya.

Selain itu, mendatakan kepada pemilik ternak kambing terinfeksi PMK agar di isolasi dan dilarang hewan berkerumun. Mensosialisasi bahaya PMK kepada pemilik hewan ternak.

Dia mengaku, harapan masyarakat agar menyediakan dokter hewan untuk mensosialisasi dan pengobatan terhadap terinfeksi PMK.

Di tempat lain, pemilik Hewan ternak terinfeksi Edi sebanyak 5 ekor lembu, dan Subari sebanyak 15 ekor lembu.

"Mengajak dan menghimbau pemilik hewan ternak agar tetap mengikuti anjuran pemerintah dan Dinas Kesehatan Kota Medan dan Dinas Peternakan dengan menerapkan protokol kesehatan 5 M," tandas AKBP Efendi Sinaga.

Petugas yang melakukan pengecekan itu yakni, Iptu Vivera Cory Dory PS Kanit Bhabinkamtibmas Polrestabes Medan, Iptu JSA Barus Kasubnit I Bin Polmas Sat Binmas Polrestabes Medan dan Bripka Dr Afriadi Amin S Psi, MKom. I, Brigadir Unit Bhabinkamtibmas Polrestabes Medan.(BS06)



Tag: