Kesehatan

RSUD Pirngadi Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi



 RSUD Pirngadi Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
beritasumut.com/BS04

beritasumut.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan melaksanakan pelatihan pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) pada, Jumat (25/11/2022) dan Sabtu (26/11/2022).

Salah seorang narasumber dalam pelatihan itu, Inke Maria S.S.Kep Ners menyatakan pelatihan PPI sangat penting guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para perawat dalam mencegah dan mengendalikan Infeksi di lingkungan rumah sakit.

"Hal penting dilakukan pelatihan ini adalah merubah perilaku dari pada tenaga kesehatan (nakes) untuk meningkatkan mutu dari setiap fasilitas kesehatan mulai dari pintu masuk sampai pintu belakang, karen PPI ini dilakukan di setiap ruangan," katanya, Minggu (27/11/2022).

Contohnya, jelas dia, dimulai dengan melakukan cuci tangan, alat pelindung diri, pemilahan dan pembuangan sampah yang benar, penatalaksanaan linen, kebersihan ruangan, pemrosesan alat, pencegahan infeksi di pelayanan gizi atau di dapur serta bagaimana penatapelaksanaan jenazah dan etika batuk.

"Sebenarnya semua rumah sakit saat ini sedang menggalakkan akreditasi, jadi setiap penilaiannya ada elemen PPI dimana semua perawat harus terpapar materi PPI," jelasnya.


Tag: