Kesehatan

Dukung Penanganan Stunting, Komunitas Perempuan : Tidak Sekedar Pemberian Bantuan Sosial, Penanganan Harus Maksimal



 Dukung Penanganan Stunting, Komunitas Perempuan : Tidak Sekedar Pemberian Bantuan Sosial, Penanganan Harus Maksimal
beritasumut.com/BS07
Pendiri Komunitas Perempuan Hari Ini (PHI) sekaligus aktivis perempuan Kota Medan Lusty Ro Manna Malau, mendukung upaya Bobby Nasution dalam menangani permasalahan stunting. Sebab, bilang Lusty, banyak hal yang mempengaruhi penyebab terjadinya stunting, terutama faktor kemiskinan.

“Banyak faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kondisi ibu hamil sehingga menyebabkan terjadinya stunting. Baik itu tempat ia bekerja, terutama apalagi kondisi tempat tinggal. Maka, banyak yang perlu dijaga dan dicegah agar stunting dapat diminimalisir dan dihindari,” ujar Lusty saat dihubungi, Kamis (16/6).

Sebagai seorang perempuan, Lusty juga berharap agar program pemerintah tidak hanya berhenti sekedar pemberian bantuan sosial saja. Karena, sambungnya, tidak jarang bantuan yang diberikan tersebut tidak tepat sasaran. Oleh karenanya, upaya penanganan stunting yang dilakukan perlu dimaksimalkan.

“Pemerintah (Pemko Medan) juga bisa memulai upaya penanganan stunting dengan melakukan atau menggelar workshop. Jadi, bagi para ibu, terutama yang terbilang calon ibu-ibu muda bisa membantu mereka mengembangkan pola pikir bagaimana ia menjaga kesehatannya, baik itu dari sisi sistem reproduksi maupun saat masa-masa kehamilan,” tambahnya menyarankan.(BS07)


Tag: