Gaya Hidup

Aturan Pemakaian Masker Diperlonggar, Sumut Tunggu Instruksi Gubernur



Aturan Pemakaian Masker Diperlonggar, Sumut Tunggu Instruksi Gubernur
beritasumut.com/ist
beritasumut.com -Menyikapi situasi Covid-19 di Tanah Air yang terus menurun, Presiden Jokowi telah mengumumkan untuk memperlonggar aturan pemakaian masker. Di mana untuk ruang terbuka, masker tidak lagi diwajibkan.

Menanggapi ini, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) dr Syarifah Zakia menilai, hal ini tak terlepas dari terus melandainya angka penambahan kasus baru Covid-19. Di Sumut sendiri, kata dia, bahkan rumah sakit (RS) rujukan seperti RS Haji juga tidak ada lagi menangani pasien Covid-19.

"Covid kita sudah landai, isoter (isolasi terpusat) juga sudah ditutup dan bahkan RS rujukan seperti RS Haji juga sudah tidak ada Covid-19 lagi," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (18/05/2022).

Karenanya, jelas dia, terkait pelonggaran aturan pemakaian masker tersebut, Syarifah menyebutkan, Dinas Kesehatan tentu akan mengikuti instruksi pusat. Hanya saja, tambahnya, pihaknya masih akan menunggu instruksi Gubernur Sumut terkait penerapan aturannya.

"Instruksi Gubernur pasti tetap kita tunggu, karena kita (Dinas Kesehatan) kan nggak boleh melangkahi, agar tidak salah kita," jelasnya.

Namun, Syarifah mengingatkan, bahwasanya pemakaian masker tentu masih harus tetap digunakan di tempat tertutup. Begitu juga terhadap para usia rentan atau yang memiliki penyakit, masker harus tetap dipakai.


Tag: