Ekonomi

Wali Kota Medan Resmi Membuka Medan Business & Investment Forum di Universitas Sari Mutiara



Wali Kota Medan Resmi Membuka Medan Business & Investment Forum di Universitas Sari Mutiara
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Wali Kota Medan, Bobby Nasution secara resmi membuka Medan Business & Investment Forum yang diselenggarakan IJBNet (Indonesia-Japan Business Network) di Universitas Sari Mutiara, Senin (29/11/2021).

Forum yang membahas masalah peluang investasi di Kota Medan ini turut dihadiri oleh Konjen Jepang di Medan, Takonai Susumu, Ketua DPD IJBNet Sumut, Parlindungan Purba, serta turut mengikuti secara virtual Ketua Umum IJBNet, Suyoto Rais dan Ketua Dewan Penasehat IJBNet, Sanny Iskandar. Turut hadir Ketua KADIN Medan Arman Chandra, Wakil Ketua KADIN Medan Bidang Investasi Hafidz Iskandar Batubara, Direktur Eksekutif Kadin Medan Misran, Pengurus APINDO serta pengusaha di Kota Medan.

Wali Kota Medan dalam sambutanya menyambut baik dan mengapresiasi forum seminar business yang diselenggarakan IJBNet. Hal ini menurutnya sangat baik, sebab investasi di masa pandemi sangat penting untuk membangkitkan perekonomian. "Ini juga yang menjadi fokus kami dalam memperbaiki perekonomian di kota Medan bagaimana kita dapat mengundang investor ke Kota Medan," kata Bobby Nasution.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution juga menyampaikan gambaran secara umum profil Kota Medan yang dapat menjadi peluang investasi bagi perusahaan Jepang. Adapun sejumlah sektor pembangunan yang dapat menjadi peluang investasi di Kota Medan diantaranya yakni pembangunan convention center, pembangunan waterfront city, pembangunan kampung ekonomi kreatif kolaborasi belawan, pembangunan kawasan industri belawan dan seruai, dan pembangunan kebun binatang Medan.

Baca Juga : Pemko Medan Dukung Digelarnya KIM Invesment Expo 2021

Selanjutnya yaitu penanganan masalah persampahan, pembangunan transportasi ramah lingkungan, pembangunan mall pelayanan publik, pengembangan Rumah Sakit Dr Pirngadi dan lainya, revitalisasi bangunan Warenhuis sebagai pusat bisnis dan cagar budaya, revitalisasi taman lilisuheri, pembangunan gedung perparkiran, penerapan teknologi informasi sebagai smart city, dan pembangunan utility. "Oleh sebab itu melalui forum ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan kegiatan investasi di kota Medan sehingga tidak hanya menjadi forum di belakang meja saja," pungkas Bobby Nasution.

Sementara itu Konjen Jepang di Medan, Takonai Susumu juga turut mengapresiasi forum bisnis ini. Dikatakanya perusahaan Jepang bertahun-tahun menggelar bisnis di Indonesia dengan nilai investasi yang cukup besar dan menyerap banyak tenaga kerja di Indonedia. Dengan demikian perusahaan jepang telah berkontribusi mendukung perekonomian maupun pemberdayaan masyarakat di Indonesia. "Saya berharap hubungan ekonomi yang telah terjalin selama ini cukup erat dapat terus dikembangkan," ujarnya.

Sebelumnya Ketua DPD IJBNet, Parlindungan Purba menjelaskan forum bisnis ini digelar untuk menindaklanjuti dari dukungan IJBNet terhadap Wali Kota Medan yang ingin memajukan ekonomi di kota Medan. Oleh sebab itu diharapkan kegiatan ini digelar secara berkesinambungan. "Kami berharap forum ini dapat bermanfaat untuk mendorong perekonomian di kota Medan melalui investasi," harap Parlindungan Purba. (BS09)


Tag: