Ekonomi

Wagub Musa Rajekshah Sebut UMKM Harus Disejajarkan dengan Pelaku Bisnis



Wagub Musa Rajekshah Sebut UMKM Harus Disejajarkan dengan Pelaku Bisnis
BERITASUMUT.COM/BS03

Beritasumut.com - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan, bahwa keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara nyata turut berperan dalam proses pemerataan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan stabilitas nasional maupun daerah. Kontribusi nyata sektor UMKM juga dibuktikan dengan kemampuannya bertahan dalam krisis nasional maupun global, karena UMKM merupakan dinamisator sekaligus stabilisator perekonomian, juga memiliki keunggulan dalam pemanfaatan sumber daya alam dan padat karya.

"Oleh karena itu, UMKM harus diberdayakan dan dilindungi agar mampu bersanding sejajar, bahkan bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Sekaligus mampu menunjukkan perannya sebagai pelaku perekonomian, baik di kancah lokal maupun nasional," ungkap Wagub Musa Rajekshah dalam Sosialisasi Securities Crowdfunding sebagai pendanaan bagi UMKM bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara virtual, dari Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Medan, Senin (18/10/2021).

Wagub menjelaskan, pelaku UMKM juga perlu membangun brand yang mengandalkan kreativitas, lokalitas dan keragaman yang bersumber pada kekayaan alam dan khasanah budaya Indonesia. Sebab UMKM sebetulnya memiliki keunggulan untuk menandingi dominasi brand-brand global, namun para pelaku UMKM masih terbentur masalah klasik yakni tidak tercukupinya dalam hal permodalan.

Baca Juga : Wapres Tegaskan Komitmen Pemerintah Percepat Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem

"Ini terjadi terutama bagi mereka yang baru merintis usaha atau usahanya belum berkembang secara signifikan. Keterbatasan akses permodalan tersebut membuat sulit untuk meraih pasar yang lebih luas," jelas Musa Rajekshah.


Tag: