Ekonomi

UMKM di Simalungun "Menjerit" Saat Pandemi, Kampus Dampingi Digitalisasi Usaha



UMKM di Simalungun "Menjerit" Saat Pandemi, Kampus Dampingi Digitalisasi Usaha
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Dimasa Pandemi Covid-19 membawa petaka bagi seluruh segmentasi sendi sendi kehidupan masyarakat, mulai dari kondisi di bidang kesehatan, perekonomian dan juga segmentasi pada bidang kehidupan sosial masyarakat.

Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi Akademisi kampus untuk dapat memberikan sedikit perhatian agar Kelompok Usaha Mikro Kecil (UMKM) mampu tetap ‘survive’ di tengah gempuran badai pandemi yang meluluhlantakkan ekonomi real masyarakat kecil.

Hal ini terungkap di sela-sela kegiatan pendampingan UMKM yang dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed). Salah seorang kelompok UMKM zafira Snack, Sri Wahyuni yang bergerak pada bidang penjulan snack dan kuliner mengungkapkan bahwa, setahun terakhir ini kondisi perputaran usaha yang ia geluti nyaris tanpa hasil yang seperti diharapkan.

“ Di awal Usaha sebelum pandemi kami menjual produk snack makanan ringan tradisional seperti opak, kerupuk nasi, aneka keripik, secara langsung ke para pembeli, selain itu juga banyak produk olahan di titipkan ke kedai-kedai di sekitaran nagori, maka penjualan pun terbatas hanya di sekitar Nagori Dolok maraja saja sehingga hasil yang didapatpun hanya pas-pas makan, hal ini bertambah sulit dimasa pandemi dimana daya beli para pelangganpun terasa berkurang berkurang," ungkap ibu kreatif dengan 3 anak tersebut.

Ketika ditanya tentang bantuan pemerintah untuk UMKM yang bergulir semasa Pandemi Ia menegaskan bahwa, Bantuan selama pandemi yang dari pemerintah tidak pernah ia rasakan padahal sudah acap kali ia ajukan.

"Untuk bantuan dari pemerintah gak pernah kami dapat, dah capeklah kami ajukan sama gamot atau Kadus sampai ke desa tapi hasilnya nihil, begitupun kami tetap berusaha menekuni usaha tanpa mengharapkan bantuan karena jualan kuliner tradisional ini jalan rezeki bagi kami,” cetus pemilik merek usaha kuliner Dapoer Bunda Zafira.


Tag: