Ekonomi

Subholding Pelindo Multi Terminal Resmi Beroperasi di Terminal Pelabuhan Dumai



Subholding Pelindo Multi Terminal Resmi Beroperasi di Terminal Pelabuhan Dumai
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) terhitung mulai tanggal 1 Januari 2022 telah resmi beroperasi di Terminal Pelabuhan Dumai, Riau. Hal tersebut ditandai dengan dimulainya operasional cargo handling perdana di terminal curah kering Pelabuhan Dumai awal tahun 2022 pada Kapal MV Alahas berbendera Panama, Sabtu (01/01/2022).

Penyambutan MV Alahas sebagai kapal perdana 2022 di Pelabuhan Dumai dipimpin langsung oleh Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar, melalui seremoni pemberian cinderahati kepada pihak cargo owner PT Jatim Propertindo Jaya dan perwakilan kapal PT Pelayaran Cahaya Papua.

Kapal MV Alahas yang menjadi kapal perdana pelayanan oleh SPMT di Pelabuhan Dumai pada awal tahun 2022 ini memiliki panjang 110m dan bobot 8.615 GT, dan melakukan kegiatan muat komoditas Palm Kernell Shell (PKS/Cangkang) sejumlah 10.000 metrik ton yang akan diekspor ke negara Jepang.

“Resmi beroperasinya PT Pelindo Multi Terminal di Pelabuhan Dumai yang merupakan pelabuhan pengekspor CPO terbesar di Indonesia ini ini merupakan hasil upaya dan kerja keras seluruh insan SPMT dan diharapkan menjadi momentum awal di tahun 2022 untuk mewujudkan SPMT sebagai Indonesian Connectivity Champion,” kata Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal, Drajat Sulistyo.

PT Pelindo Multi Terminal merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 lalu seiring dengan proses integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Multi Terminal memfokuskan layanan kepelabuhanannya pada pengelolaan terminal non-petikemas, seperti terminal curah cair, curah kering, multipurpose, hingga terminal penumpang dan terminal kendaraan.


Tag: