Ekonomi

Rantai Pasok dan Logistik Terjaga Jadi Momentum Bangkitnya Ekonomi Bali



Rantai Pasok dan Logistik Terjaga Jadi Momentum Bangkitnya Ekonomi Bali
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Potensi Bali yang sangat besar dengan keunggulannya dalam memenuhi kebutuhan domestik ataupun luar negeri. Dilihat dari 10 tahun belakangan ini pertumbuhan suplai dan demand di Bali sangatlah besar, meskipun demikian masih ada beberapa tantangan dan peluang yang harus dilihat oleh penyedia jasa Logistik yang ada di Bali dan NTB.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Akbar Djohan, menyatakan bahwa dengan adanya Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang di nobatkan sebagai Bandara terbaik di Indonesia memiliki potensi usaha logistik yang unggul untuk meningkatkan ekonomi daerah dan nasional.

Dengan mengoptimalkan logistik lewat udara dapat menjadikan Bali sebagai hub logistik tanah air, disamping menunggu rampungnya Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) Pelabuhan Benoa untuk menunjang logistik lewat laut.

"Pelaku usaha logistik harus memanfaatkan peluang dengan melakukan inovasi, kolaborasi dan peningkatan sumber daya manusia serta adaptif. Hal ini bisa dilihat pembangunan Pelabuhan Benoa perlu diberi perhatian khusus, sehingga kedepannya Bali tidak hanya bertumpuh distribusi logistik lewat udara tapi lewat laut dapat dikembangkan kedepannya," ujar Akbar pada keterangannya, Rabu (08/12/2021).


Tag: