Ekonomi

Presiden Buka Musrenbangnas Tahun 2021, Bahas RKP 2022 Fokus Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural



Presiden Buka Musrenbangnas Tahun 2021, Bahas RKP 2022 Fokus Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural
BERITASUMUT.COM/BS03
Di penghujung arahannya, Presiden menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia harus inklusif. Pertumbuhan ekonomi juga menjadi bagian penting bagi penyelesaian masalah-masalah tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs. "Pertumbuhan ekonomi harus menjadi mesin bagi pemerataan pembangunan dan keadilan ekonomi baik antardaerah, antardesa, dengan kota. Pertumbuhan ekonomi harus meningkatkan kelas UMKM kita dan semakin mampu bersaing dengan produk-produk dari negara lain," jelasnya.

Sementara, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sebagai peserta Musrenbangnas yang hadir secara virtual, menyebutkan bahwa pesan Jokowi adalah agar semua pihak bisa memfokuskan perhatian untuk peduli kepada perkembangan serta pengendalian Covid-19. Kasus yang terjadi di Negara India baru-baru ini, menjadi pelajaran penting agar Indonesia tidak mengalami nasib serupa.

Selanjutnya adalah bagaimana prioritas penyerapan anggaran, memberikan dorongan pada pergerakan ekonomi yang saat ini melambat. Ditambah dengan berbagai upaya untuk mengubah cara dan metode mencapai tujuan menyejahterakan rakyat. “Bukan tujuannya yang berubah, tetapi dalam kondisi sulit ini, metode dan caranya ini berbeda. Itu intinya. Seperti kabupaten/kota kita desak bagaimana serapan anggaran daerah bisa dipercepat,” pungkas Edy.

Baca Juga : Presiden Melantik Sandiaga Uno, Tri Rismaharini dan Empat Lainnya Jadi Menteri

Turut hadir mendampingi Presiden di Istana Negara antara lain, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sedangkan Gubernur didampingi Sekdaprov Sumut R Sabrina, Kepala Baappeda Hasmirizal Lubis, Kepala Dinas Kesehatan Alwi Mujahit dan sejumlah pejabat lainnya. (BS03)


Tag: