Ekonomi

Pemprov Sumut Dorong UKM Agar Berorientasi Ekspor



Pemprov Sumut Dorong UKM Agar Berorientasi Ekspor
BERITASUMUT.COM/BS03
Menurut Deputi Gubernur Senior BI Destry Darmayanti hasil survei BI menunjukkan pandemi lebih berdampak pada UKM dengan pasar lokal. Dari 1.093 reponden (53% UKM non ekspor dan 47% UKM ekspor) UKM non ekpsor mengalami penurunan permintaan sekitar 72,7% sedangkan UKM ekspor 57,4%.

“Sama-sama berat baik lokal atau yang ekspor, tetapi UKM berorientasi ekspor bisa lebih bertahan karena demand (permintaan) lebih baik ketimbang yang lokal. Karena itu, kita perlu dorong UKM kita agar berorientasi ekspor, agar pemulihan ekonomi lebih cepat. Kita perlu menggerakkan ekonomi lokal untuk memperkuat ekonomi nasional,” kata Destry.

Sementara itu, Pimpinan Tim Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan dalam memperkuat UKM karena sektor ini menurutnya penyumbang terbesar perekonomian Indonesia. “Kita bersama teman-teman akan terus pantau ini agar berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, kita akan terus dorong, mudah-mudahan strategi ini cepat memulihkan perekonomian kita,” terangnya.

Beberapa Anggota DPR RI hadir langsung pada kunjungan kerja ini, termasuk Hendrawan Supratikno, Sihar Sitorus, Hidayatullah, Satori, Ahmad Yohan, Marinus Gea, Gus Irawan Pasaribu dan Siti Mufattahah. Selain itu juga hadir Dewan Komisioner OJK Heru Kristiana, Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistiyaningsih, Kepala BI Perwakilan Sumut Soekowardojo serta OPD terkait Pemprov Sumut.(BS03)


Tag: