Ekonomi

Pemko Medan Mengikuti Rakor Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023



Pemko Medan Mengikuti Rakor Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Pemko Medan mengikuti rapat koordinasi terkait dengan pembahasan langkah konkret pengendalian inflasi daerah tahun 2023 yang digelar secara virtual.

Rapat tersebut diikuti oleh perwakilan dari Inspektorat Kota Medan Heryadi dari ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, Rabu (08/02/2023). Selain itu hadir juga Ketua Kadin Kota Medan, perwakilan dari Kodim 0201/ Medan dan juga perwakilan dari Polrestabes Medan.

Mengawali agenda dari rapat koordinasi tersebut, Mendagri Tito Karnavian selaku pimpinan rapat menyampaikan rasa syukur karena di bulan Januari 2023 data dari BPS menunjukkan angka inflasi mengalami penurunan dari 5.51% turun menjadi 5.28%.

"Penurunan angka ini cukup signifikan, artinya inflasi kita terkendali," kata Tito Karnavian sembari mengatakan penurunan angka inflasi ini tidak terlepas dari kerjasama oleh seluruh pihak.

Dikatakan Tito Karnavian lagi, untuk menekan laju inflasi ini, Pemerintah juga telah mengantisipasi terjadinya kenaikan harga kebutuhan komoditas bahan pokok khususnya terhadap kenaikan harga beras dan minyak goreng.

"Bapak Presiden telah menekankan dua hal ini, minyak goreng dan beras, jadi harus diantisipasi kenaikanya," ujarnya.

Dalam rakor ini kemudian didengarkan juga penjelasan dari Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono yang menyampaikan tentang perkembangan inflasi komoditas komponen. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait dengan langkah-langkah yang akan diambil oleh masing-masing instansi terkait untuk menjaga inflasi agar tetap terkendali.(BS07)


Tag: