Ekonomi

Pemko Medan Ikuti Asistensi Percepatan Realisasi APBD Kabupaten/Kota se-Sumut



Pemko Medan Ikuti Asistensi Percepatan Realisasi APBD Kabupaten/Kota se-Sumut
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Pemerintah Kota Medan melalui Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman mengikuti kegiatan Asistensi Pengelolaan Keuangan terkait Percepatan Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota se-Sumut Tahun 2021, Senin (29/11/2021) di Hotel Santika Dyandra.

Kegiatan yang dihadiri unsur Forkopimda Sumut, Bupati/Wali Kota dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-Sumut ini dan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi ini juga membicarakan Evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Progres Penanganan Covid-19.

Saat membuka kegiatan yang juga diikuti para Sekda dan pimpinan OPD terkait Pemkab/Pemko se-Sumut secara dalam jaringan (daring) ini, Gubsu mengingatkan para kepala daerah agar memperhatikan serapan anggaran di daerah masing-masing. “Penyerapan anggaran sangat berpengaruh pada perhitungan inflasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia,” ucap Gubsu.

Baca Juga : Mendagri Minta Daerah Percepat Realisasi Belanja APBD Tahun 2021

Pada saat itu, Gubsu mendorong Pemkab/Pemko melakukan penyerapan anggaran dan tentunya tetap mengikuti ketentuan peraturan perundangan. “Saya ingin, pada bulan ini di tahun depan, serapan anggaran seluruh kabupaten/kota di Sumut mencapai 85 sampai 90 persen,” sebut Gubsu.

Gubsu juga mengingatkan pentingnya kolaborasi antara eksekutif, legislatif, dan judikatif agar penyelenggaraan pemerintah berjalan dengan baik. “Karena itu, pertemuan yang diikuti seluruh kepala daerah dan unsur Forkopimda di Sumut ini penting,” tandasnya. (BS09)


Tag: