Ekonomi

Pandemi Covid, Unimed Lakukan Pendampingan UMKM di Simalungun



Pandemi Covid, Unimed Lakukan Pendampingan UMKM di Simalungun
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Di masa Pandemi Covid-19 membawa dampak di semua kehidupan masyarakat.Kondisi ini menjadi perhatian tersendiri bagi para dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk dapat memberikan sedikit perhatian agar Kelompok Usaha Mikro Kecil (UMKM).

Salah seorang kelompok UMKM Zafira Snack, Sri Wahyuni yang bergerak pada bidang penjulan snack dan kuliner mengungkapkan bahwa, setahun terakhir ini kondisi perputaran usaha yang ia geluti nyaris tanpa hasil yang seperti diharapkan.

Baca Juga : Polsek Pancur Batu Beri Pengamanan Khusus di Jalur Longsor

"Di awal usaha sebelum pandemi kami menjual produk snack makanan ringan tradisional seperti opak, kerupuk nasi, aneka keripik, secara langsung ke para pembeli, selain itu juga banyak produk olahan di titipkan ke kedai-kedai di sekitaran nagori, maka penjualan pun terbatas hanya di sekitar Nagori Dolok Maraja saja sehingga hasil yang didapatpun hanya pas-pas makan, hal ini bertambah sulit di masa pandemi dimana daya beli para pelangganpun terasa berkurang berkurang," ungkap 3 anak ini dilansir dari laman unimed, Rabu (27/10/2021).

Terkait bantuan pemerintah untuk UMKM yang bergulir semasa pandemi, Sri mengaku bahwa bantuan dari pemerintah tidak pernah ia rasakan padahal sudah beberapa kali diajukan. “Untuk bantuan dari pemerintah gak pernah kami dapat, dah capeklah kami ajukan sama gamot atau Kadus sampai ke desa tapi hasilnya nihil, begitupun kami tetap berusaha menekuni usaha tanpa mengharapkan bantuan karena jualan kuliner tradisional ini jalan rezeki bagi kami," terangnya.


Tag: