Ekonomi

Kompak dengan Pemerintah, Pengusaha Ramal Ekonomi Tumbuh 5% di Tahun 2022



Kompak dengan Pemerintah, Pengusaha Ramal Ekonomi Tumbuh 5% di Tahun 2022
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 4-5% di 2022, beda-beda tipis dengan target pemerintah di angka 5,2%.

"Kami memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 adalah antara 4% sampai dengan 5%," kata Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani dalam konferensi pers, Kamis (09/12/2021).

Mengenai proyek pertumbuhan ekonomi, pihaknya melihat pemulihan ekonomi yang mulai membaik secara bertahap dan cukup konsisten di tahun 2021. Hal itu menurutnya dipengaruhi oleh program perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional.

Faktor berikutnya adalah vaksinasi masyarakat yang berlangsung cukup baik meskipun masih tertinggal untuk daerah di luar wilayah Jawa dan Bali. Selain itu kedisiplinan terhadap protokol kesehatan juga mulai tumbuh. Namun perlu diwaspadai adalah kemunculan virus Corona varian baru, yaitu Omicron.

"Intinya prokesnya juga mulai bagus di masyarakat tapi memang juga mengandung kerawanan adanya varian baru COVID-19. Walaupun yang kita ketahui bersama bahwa varian baru Omicron ini fatality rate atau tingkat kematiannya relatif rendah untuk populasi yang sudah mendapatkan vaksin," jelasnya.


Tag: