Ekonomi

Kini Bayar Pajak Kendaraan Cukup ke Retail Modern, Ujicoba Aplikasi E Samsat Sumut Bermartabat Sukses



Kini Bayar Pajak Kendaraan Cukup ke Retail Modern, Ujicoba Aplikasi E Samsat Sumut Bermartabat Sukses
BERITASUMUT.COM/BS03

Beritasumut.com - Setelah diluncurkan awal tahun 2021 lalu aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat terus mengalami pengembangan layanan. Melalui aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat masyarakat dapat membayar pajak kenderaan dimana saja dan tanpa terkendala waktu.

Selain dapat dilakukan melalui ATM Bank Sumut, kini masyarakat juga dapat membayar pajak kenderaan bermotor melalui gerai-gerai retail modern seperti Indomaret dan Alfamart. Untuk pembayaran melalui Gerai Retail ini telah diuji coba langsung oleh wajib pajak di Gerai Indomaret Komplek Multatuli Medan, Senin (13/09/2021).

Hadir menyaksikan uji aplikasi tersebut Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara (BPPRDSU) Achmad Fadly, Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Kepala Cabang Jasa Raharja Sumut Jhon Veredy Panjaitan dan Dirut PT Bank Sumut Rahmat Pohan.

Baca Juga : Pemerintah Perluas Pengurangan Pajak PPnBM Kendaraan Bermotor

Dirlantas Polda Sumut Valentino mengatakan dengan hadirnya aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat semakin memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kenderaan. Masyarakat tidak perlu repot-repot hadir dan mengantri di Kantor-kantor Samsat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Cukup mendatangi gerai-gerai retail modern yang telah memiliki e kios.

"Semua ini tentunya mempermudah masyarakat tidak harus ke kantor-kantor Samsat melaksanakan kewajibannya membayar pajak. Ini merupakan upaya Pemprov Sumut bekerjasama dengan kita untuk pelayanan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan pendapatan pajak," ujar Valentino. Dengan pemanfaatan aplikasi ini, sebutnya, Valentino berharap dapat meminimalisir potensi terjadinya kerumunan orang, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Valentino menambahkan, saat ini masyarakat cukup familiar dengan penggunaan telepon pintar. Oleh karenanya, dia menyakini penggunaan aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat sangatlah mudah. "Seperti yang kita lihat tadi penggunaan sangat mudah. Apalagi saat ini masyarakat kita sangat familiar dengan handphone pintar ini. Kita berharap masyarakat dapat cepat beradaptasi dengan aplikasi. Tentunya harus memiliki email. Yang belum ada email bisa membuat akun emailnya," jelas Valentino.

Senada itu, Kepala BPPRDSU Achmad Fadly berharap aplikasi e Samsat Sumut Bermartabat dapat memberikan layanan terbaiknya. Kehadiran aplikasi ini berkat kerjasama pemerintah daerah dengan Kepolisian, Jasa Raharja dan juga Bank Sumut. Dengan adanya aplikasi tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan meningkatnya pelayanan diharapkan semakin tinggi pula kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

Baca Juga : e-Mobile Samsat Sumut Bermartabat Diluncurkan, Gubernur Sumut Targetkan Juli Tidak Ada Lagi Pembayaran Konvensional

"Bagaimana masyarakat nanti bisa mampu memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak dan sudah barang tentu berkontribusi terhadap penerimaan pendapatan asli daerah Provinsi Sumatera Utara nantinya. Insya Allah dengan adanya pengembangan aplikasi ini diikutsertakan oleh tingkat kepatuhan kita ini sebagai wajib pajak Siginifikan sekali terhadap penerimaan pendapatan asli daerah, " Ujar Fadly.

[br[ Sementara itu Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Pohan mengucapkan Terima kasih karena menunjukkan Bank Sumut sebagai Bank Konsepsi aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat. Menurut Rahmat, hal ini sebagai peningkatan pelayanan Bank Sumut kepada nasabah untuk memudahkan melakukan transaksi keuangan.

"Dan kedepannya ini tidak hanya kepada nasabah Bank Sumut, tapi nasabah-nasabah Bank lainnya juga bisa menggunakan aplikasi mobile dari bank masing-masing. Intinya apa? Dengan adanya apikasi e-Samsat Sumut Bermartabat Ini masyarakat akan mudah saat menerima atau melakukan transaksi-transaksi yang terkait dengan pemerintah daerah. Sehingga terjadilah literasi keuangan, pemahaman tentang produk perbankan, pemahaman tentang kemudahan transaksi tanpa kita harus bersentuhan langsung. Sehingga sejalan dengan program pandemi ini turut," ungkap Rahmat Pohan.

Sedangkan Kepala Cabang Jasa Raharja Sumut Jhon Veredy Panjaitan menjelaskan dengan adanya pengembangan aplikasi E Samsat Sumut Bermartabat dalam semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi aplikasi ini mampu menjangkau ke daerah-daerah di Sumut.

Baca Juga : Pemutihan Denda PKB dan BBNKB dari Pemprov Sumut Dibuka

"Harapan kita tentu dengan adanya pengembangan ini intensifikasi dari sisi PKB, BBN-KB, SWDKLLJ, karena merupakan satu kesatuan pembayaran tentu ini bersamaan intensifikasinya. Bilamana itu semakin meningkatnya animo masyarakat dalam menggunakan aplikasi ini, saya rasa semakin terpastikan perlindungan terhadap masyarakat korban kecelakaan," pungkasnya. (BS03)


Tag: