Ekonomi

Kemenperin Dorong IKM Lebih Produktif Masuki Rantai Pasok Global



Kemenperin Dorong IKM Lebih Produktif Masuki Rantai Pasok Global
BERITASUMUT.COM/IST
Senada itu, Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo mewakili Menteri Perindustrian melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengenai Kemitraan Koperasi, UMKM/IKM dalam Rantai Pasok BUMN pada Jumat (03/09/2021) lalu.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah IKM mencapai 4,41 juta unit usaha,yang menyerap tenaga kerja sebanyak 15,64 juta orang.IKM mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan industri non-migas sebesar 21,22%, dengan sektor yang paling dominan adalah makanan dan minuman, fesyen dan kerajinan.

“Capaian tersebut merupakan potensi besar bagi IKM dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19,” tutur Dody. Oleh karenanya, guna mengoptimalkan kinerja IKM, dibutuhkan sinergi yang kuat di antara kementerian dan lembaga terkait untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif,menjaga stabilitas sosial, dan pengembangan sektor swasta yang dinamis.

Baca Juga : Kemenperin Siapkan SDM Industri Perempuan Andal Kuasai Teknologi 4.0

“Upaya pemulihan ekonomi nasional memang memerlukan usaha yang sangat keras, progresif dan kolaboratif dari seluruh pemangku kepentingan,” jelasnya. Kerja sama yang telah ditandatangani oleh para IKM dengan sejumlah BUMN sekaligus menunjukkan bahwa IKM mampu memenuhi persyaratan dan spesifikasi tinggi yang diterapkan oleh BUMN.


Tag: