Ekonomi

KADIN Gandeng IAGI dan PERHAPI Tingkatkan Kompetensi SDM Sektor Minerba



KADIN Gandeng IAGI dan PERHAPI Tingkatkan Kompetensi SDM Sektor Minerba
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Dalam rangka meningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor pertambangan mineral dan batubara, KADIN Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI).

Kerjasama ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Wakil Ketua Umum KADIN Koordinator Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi Carmelita Hartoto bersama Ketua Umum IAGI, Muhammad Burhannuddinnur dan Ketua Umum PERHAPI, Rizal Kasli di Menara KADIN Indonesia, Rabu (29/06/2022).

Nantinya, kerja sama ini diimplementasikan dalam bentuk pelatihan, pendidikan dan persiapan verifikasi compentent person yang tata cara dan persyaratannya mengacu pada sistem verifikasi untuk Competent Person Indonesia (CPI).

Menurut Carmelita Hartoto, Peran CPI sangat strategis bagi industri mineral dan batubara, karena CPI memegang peran sebagai validator neraca cadangan pada suatu wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) yang merupakan persyaratan pengesahan rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB).

"Laporan yang dibuat oleh CPI terkait dengan hasil eksplorasi, atau estimasi sumber daya atau cadangan mineral dan batubara dimana memiliki dampak bagi publik," ungkapnya.

Pihaknya berharap, pendidikan dan pelatihan serta seleksi untuk menjadi CPI ini memberikan nilai tambah bagi anggota KADIN Indonesia.
"Tidak hanya pelatihan dan pendidikan tapi juga nanti ditambahkan dengan pelatihan soft skill yang mumpuni seperti memecahkan masalah, berpikir kritis dan bekerja sama. Karena, kemampuan soft skill seperti ini merupakan kemampuan umum yang mesti dimiliki semua profesi," terang Carmelita.

Selain itu, lanjutnya, kita berharap bahwa SDM-SDM CPI ini memiliki integritas dalam lingkup pekerjaannya, karena bagaimanapun integritas adalah karakter yang dibutuhkan.

Menurut Carmelita, pelatihan, pendidikan dan persiapan seleksi competent person menjadi bentuk sinergi yang konkrit untuk meningkatkan sumber daya manusia pertambangan dan batubara.

"Seperti kita ketahui pertambangan merupakan sektor primer yang berperan penting bagi perekonomian dan pembangunan nasional. Indonesia hebat bukan hanya karena sumber daya alamnya melimpah, akan tetapi juga dengan kompetensi orang-orang di dalamnya. Maka dari itu, nota kesepahaman ini diharapkan menjadi simbol dari segala cita-cita KADIN, PERHAPI dan IAGI. Manfaat dari pengembangan sumber daya manusia tidak hanya akan dirasakan oleh pemegang usaha dan negara, melainkan individu itu sendiri yang memperoleh kesempatan untuk mendapatkan program-program kita," papar dia.


Tag: