Ekonomi

Industri Kimia Farmasi dan Tekstil Menangkap Peluang Pada HM 2023



Industri Kimia Farmasi dan Tekstil Menangkap Peluang Pada HM 2023
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Perhelatan HM 2023 secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada tanggal 16 April 2023 di Gedung HCC Centrum, Hannover. Indonesia sebagai Partner Country dalam HM 2023 mengajak serta 150 an Co-Exhbitor dari Indonesia.

Pameran teknologi industri berskala internasional ini akan berlangsung sejak 17 â€" 21 April 2023. Terdapat 13 perusahaan industri sektor kimia, farmasi dan tekstil yang turut serta berpartisipasi sebagai Co-Exhibitor.

Menteri Perindustrian AgusGumiwang Kartasasmita mengharapkan dengan keterlibatan Indonesia sebagai Partner Country HM 2023 akan mempercepat implementasi Making Indonesia 4.0.

Ignatius Warsito, Plt Dirjen Industri Kimia Farmasi dan Tekstil juga menyampaikan bahwa HM2023 ini merupakan ajang perhelatan internasional yang harus dimanfaatkan sebagai sarana promosi
investasi bagi industri dalam negeri terutama bagi industri pioneer dalam memasuki era digital.

Industri kimia nasional menampilkan PT Pupuk Indonesia HC Holding dalam HM 2023 yang mengedepankan digitalisasi pengelolaan dan penyaluran pupuk bersubsidi yang dikenal sebagai Smart Distribution mengintegrasikan distribusi, transportasi, pergudangan hingga kios pengecer melalui pengelolaan Big Data.

Melalui anak perusahaannya PT. Pupuk Sriwijaya Palembang menampilkan automisasi, dan artificial intelligent dengan Robot Star-C, untuk inspeksi peralatan critical pabrik. Inovasi yang dilakukan telah memberikan output dan dampak yang besar terhadap efisiensi maintenance pipa pipa produksi di Pupuk Sriwijaya Palembang.

PT. Petrokimia Gresik menampilkan inovasi-inovasi teknologi seperti Digital Learning Ecosystem (HCDev), dan Petro Balancing, sebuah aplikasi smartphone untuk mengoptimalkan perhintungan
proses insitu balancing pada rotating machinery dengan metode Removing Correction Weight.

PT. Pupuk Kalimantan Timur mengusung Smart Production yaitu sebuah digital ecosystem yang mengintegrasikan berbagai data dan informasi melalui beberapa aplikasi yang dibangun secara
in-house. Selain itu, PT. Kaltim Parna Industri (KPI) memperkenalkan berbagai kegiatan digitalisasi yang dilakukan pada main industrinya melalui project Green Ammonia bersama mitra yang saat ini
sedang membangun fasilitas bendungan sebagai sumber energi hidropower di Kalimantan Utara.

PT Bintang Toedjoe mengusung yang mampu meningkatkan OEE
hingga 10%, dan Green Factory untuk mendukung sustainability dengan pemanfaatan energi terbarukan sebesar 2.2 MW. Dengan tagline “Traceable & Recorded Ecosystem” semua proses yang terlibat dalam proses produksi bahan baku jahe merah akan terekam dan dapat dilacak mulai dari hulu ke hilir seperti BEJO Herbal, BEJO sujamer, dan Komix Herbal yang sudah memasyarakat di Indonesia. Keikutsertaan PT. Bintang Toedjoe dalam HM 2023 diharapkan akan memperluas ekspansi ke pasar global, khususnya negara EU untuk memperkenalkan Red Ginger asli Indonesia ke masyakarat global di Eropa Barat.

Dari sektortekstil dan produk tekstil, PT. Sri Rejeki Isman Sritex, menampilkan produk tekstil terbaik yang sudah menerobos pasar Eropa yaitu produk seragam militer dan pemadam kebakaran yang
berkualitas menggunakan teknologi textile teknis dan high value fashion khusus. Sritex juga memproduksi Pakaian Dinas Lapangan (PDL) untuk negara-negara anggota North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Sedangkan PT. Pancaprima Ekabrothers, dan PT Prima Sejati Sejahtera sebagai industri terhadap merk global seperti Uniqlo, The North Face, Adidas, menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan eksistensi dan mencari peluang baru di tengah resesi ekonomi dunia akibat perang
Rusia-Ukraina yang menyebabkan permintaan global menjadi menurun. Melalui teknologi digitalisasi dan otomasi, PT Pan Brothers untuk meningkatkan efisiensi, keunggulan kualitas dan produktivitas dengan platform SBTi bersama.

Sementara di industri daur ulang plastik yaitu PT Free The Sea, perusahaan daur ulang yang bergerak di bidang daur ulang dan , sebagai hub sirkular untuk jaringan global yang telah menggunakan prinsip operasional sejak awal 2013.

Dalam penyelenggaraan HM 2023 ini, industri sektor daur ulang plastik juga turut dalam. Asosiasi Daur Ulang Plastik dalam hal ini membawa 2 anggotanya yaitu PT. Bumi Industri dan PT. Block Solution dengan nilai investasi sebesar 200 Miliar rupiah dan 160
Miliar rupiah. Sedangkan PT. Free The Sea dengan nilai investasi 150 Miliar rupiah. Penandatanganan MOU tersebut langsung disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Business Summit HM 2023. Kerjasama investasi ini diharapkan mampu mendorong penggunaan teknologi industri pengolahan daur ulang plastik dalam negeri lebih maju lagi ke depannya.

Dalam HM 2023 juga telah dilakukan dengan Schill & Seilacher Group (Struktol) yang berniat untuk melakukan kerjasama investasi industri kimia di Indonesia dan akan dilakukan pembicaran lebih lanjut setelah HM 2023.

Turut hadir dalam pameran tersebut Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Medan Arman Chandra.(ril)


Tag: