Ekonomi

Indosat Gelar SheHacks Innovate di Deli Serdang, Perempuan Pelaku UMKM Lokal di Sumatera Utara Belajar Kembangkan Bisnis dengan Inovasi Teknologi



Indosat Gelar SheHacks Innovate di Deli Serdang, Perempuan Pelaku UMKM Lokal di Sumatera Utara Belajar Kembangkan Bisnis dengan Inovasi Teknologi
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menggelar program pelatihan kewirausahaan bertajuk SheHacks Innovate. Lokakarya yang mengajak para perempuan di provinsi Sumatra Utara untuk berinovasi di bidang teknologi ini digelar di Aula Teamwork Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, pada tanggal 12-13 Juni 2024. Dalam kegiatan ini hadir lebih dari 75 perempuan pelaku UMKM lokal yang bergabung dan saling berbagi pengalaman sesuai bidang bisnis mereka masing-masing.

Meski baru pertama kali SheHacks 2024 diselenggarakan di Sumatra Utara, namun antusiasme para perempuan pengusaha UMKM Lokal secara keseluruhan cukup tinggi. Hal ini tampak dari jumlah peserta yang mendaftar mengikuti SheHacks 2024 sebanyak lebih dari 17.000 peserta. Hadirnya program ini merupakan wujud dukungan Indosat kepada Pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dalam hal pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) untuk memaksimalkan pemberdayaan sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Agenda kegiatan workshop offline selama 2 hari ini dibagi dalam 3 tahapan yaitu Formation Team, Building Innovations, dan Showcase. Selanjutnya, program SheHacks Innovate di Sumatra Utara ini akan membantu pengembangan 15 usaha rintisan atau startup lokal terpilih melalui kesempatan belajar tentang Business Model, Digital Marketing Solutions, dan Prototyping & Pitching. Program ini juga akan memilih 1 bisnis terbaik di setiap lokasi workshop-nya untuk dipilih bersama oleh publik (People’s Choice) pada akhir program.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, pada Kamis (13/06/2024), mengatakan, peluang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk Go Digital akan semakin tumbuh dengan proyeksi sekitar 64% hingga tahun 2027. Perempuan Indonesia yang mayoritas menjadi pengelola UMKM perlu dibekali dengan keterampilan pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Tanah Air. "Melalui SheHacks Innovate, kami akan memfasilitasi mereka dengan pendampingan dan pelatihan, khususnya di Sumatra Utara untuk mengembangkan solusi inovatif dari tantangan yang mereka hadapi di bidangnya masing-masing. Indosat berkomitmen untuk terus memberdayakan perempuan Indonesia sesuai peran penting mereka dalam keluarga, lingkungan sekitar, dan juga kemajuan sebuah bangsa," ujarnya.

Senada itu, Dr. Ir. Jenny Elisabeth, MS, Direktur Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia mengatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada Indosat sebagai penyelenggara acara ini atas gerakan inspiratifnya dalam memberdayakan perempuan, bahkan hingga ke pelosok negeri. "Lebih dari sekadar acara, SheHacks Innovate merupakan sebuah gerakan yang menumbuhkan semangat persaudaraan dan kolaborasi di antara perempuan Indonesia. Melalui platform ini, perempuan dapat saling berbagi ilmu, pengalaman, dan sumber daya untuk memajukan usaha mereka. Kami turut berbahagia dapat menjadi salah satu partner penyelenggara kegiatan ini apalagi kami sebagai kampus bisnis, kami selalu ingin memberikan dampak baik terhadap pengembangan ekosistem bisnis di Indonesia, khususnya di Sumatra Utara,” harapnya.

Ibu Chika, pemilik usaha toko kue Chika Cake yang dimulai dari menjajakan produknya dari satu kantor ke kantor lain, kini berhasil mengembangkan bisnisnya hingga mampu memasok ke berbagai toko pariwisata dan bahkan bandara. Perjalanan bisnisnya yang penuh tantangan telah membawanya ke kesuksesan saat ini. "Saya memulai bisnis ini dengan kecil-kecilan dan harus bertahan menghadapi siklus naik-turun dalam bisnis. Melalui program seperti Shehacks, saya mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang cara mencapai pasar yang lebih besar dan memperluas jaringan serta bertukar ide dengan pengusaha perempuan lainnya," ungkapnya.

Selain SheHacks Innovate, terdapat juga dua program lainnya yakni SheHacks Impacts berupa program enam bulan untuk startup yang telah meluncurkan produk mereka atau telah memiliki minimum viable product (MVP). Kemudian juga ada SheHacks Ideation yang menyediakan akses ke berbagai video pelatihan bagi startup untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana membangun bisnis, hingga meraih kesempatan terpilih sebagai ide terbaik.

“Layanan telekomunikasi dan jaringan internet yang berkualitas menjadi salah satu kebutuhan vital untuk mendukung perkembangan UMKM lokal, sehingga kami terus menjaga layanan dan performa jaringan termasuk di Sumatra Utara. Lebih lanjut, kami juga akan terus memberikan dampak positif kepada masyarakat lewat program pemberdayaan perempuan, SheHacks. Kegiatan kolaborasi dengan Kemenparekraf ini menjadi wujud komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Steve.

Sejak tahun 2023, program SheHacks Innovate yang merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility atau CSR) Indosat di pilar Pemberdayaan Perempuan juga telah dilakukan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan Magelang, Jawa Tengah. Selain di Deli Serdang, program SheHacks Innovate tahun ini ditargetkan akan turut diselenggarakan di sejumlah wilayah lainnya, seperti di Sumbawa Besar, Palangkaraya, Likupang, dan Pekanbaru dalam rangka memberdayakan UMKM lokal yang digagas oleh perempuan di seluruh Indonesia. (BS02)


Tag: