Ekonomi

Gubernur Sumut akan Taburkan 22 Ribu Benih Ikan Nila di Waduk Sutan



Gubernur Sumut akan Taburkan 22 Ribu Benih Ikan Nila di Waduk Sutan
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Gubernur Sumut Ir H Tengku Erry Nuradi MSi Rabu (19/07/2017) ini dijadwalkan akan menabur 22 ribu benih ikan nila ke Waduk H Sutan Alamsyah Budin Batubara di Kelurahan Sorkam, Kecamatan Sorkam, Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (19/07/2017).

 

Sejumlah pejabat direncanakan hadir mendampingi Gubsu, diantaranya Bupati Tapeng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Wakil Bupati Darwin Sitompul, Walikota Sibolga Syafri Hutahuruk, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jonny Waldi.

 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Zonny Waldi mengatakan kegiatan penaburan benih ikan ke waduk H Sultan Alamsyah Budin Batubara dalam rangka mendorong perekonomian melalui pemberdayaan masyarakat khususnya dalam bidang perikanan dan pertanian. 

 

"Kita sudah menyediakan bibit ikan sebanyak 22 ribu ekor untuk ditabur Bapak Gubsu hari ini," ujar Jonny Waldi.

 

Sekedar informasi, Waduk H Sutan Alamsyahbandar Batubara seluas 15 Hektar dibangun pada masa penjajahan jepang. Salah seorang tokoh masyarakat bernama Sutan Alamsyah Bandar Batubara bersama masyarakat sekitar membangun waduk ini bertujuan untuk penampungan air guna mengaliri sawah-sawah masyarakat di Sorkam dan daerah lainnya. Namun sepulu tahun belakangan ini Waduk tersebut mengalami penurunan debit air hingga tiga meter. Akibatnya pengairan irigasi ke sawah masyarakat menjadi tidak maksimal.(BS03)

 


Tag: