Ekonomi

Digitalisasi Positif Dukung UMKM Naik Kelas



Digitalisasi Positif Dukung UMKM Naik Kelas
beritasumut.com/BS07
Akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (FE USU) Wahyu Ario Pratomo SE Mec menilai sangat positif upaya Bobby Nasution terkait pemanfaatan digitalisasi bagi pelaku UMKM. Wahyu mengungkapkan jika perkembangan teknologi memaksa UMKM harus berubah dan adaptif atas perkembangannya.

"Persaingan yang sangat ketat pada UMKM memaksa mereka harus berubah mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Saat ini, tren transaksi ekonomi melalui teknologi informasi digital terus meningkat, apalagi generasi muda sekarang sudah sangat familiar dengan teknologi. Tinggal UMKM yang harus bisa menyesuaikan diri jika ingin mendapatkan pelanggan," ujar Wahyu, saat dihubungi Jumat (16/12/2022).

Wahyu menambahkan, jika kehadiran KKPD jadi bukti bahwa Pemko Medan sendiri juga turut memanfaatkan perkembangan teknologi untuk merealisasi belanjanya. Sebab, belanja secara nontunai dengan menggunakan teknologi digital dapat mendorong peningkatan realisasi anggaran, mengingat selama ini realisasi anggaran selalu rendah di awal tahun.

"Dengan KKPD, masing-masing OPD dapat merealisasikan anggarannya lebih cepat. Lalu, transaksi menjadi lebih cepat dan mudah, serta transparan dan ini tentu sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM," tambahnya.

Disarankan Wahyu, guna meningkatkan kemampuan UMKM dalam menggunakan teknologi informasi, maka pemerintah dapat mengambil peran dengan menggandeng swasta dalam pemberdayaan UMKM.

"Kegiatan ini wujud kolaborasi antar pelaku usaha dan pemerintah agar UMKM Kota Medan dapat lebih berkembang dan naik kelas sesuai yang diinginkan Pak Wali," pungkasnya.(BS07)


Tag: