Ekonomi

Buka Pameran Dagang Lokal, Walikota Medan Serahkan Bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama



Buka Pameran Dagang Lokal, Walikota Medan Serahkan Bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Saat membuka Pameran Dagang Lokal Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyerahkan bantuan untuk sejumlah kelompok usaha bersama (KUBE), Selasa (26/09/2023).

Bantuan berupa peralatan usaha ini diberikan Bobby Nasution untuk mengembangkan dan meningkatkan produksi usaha sehingga pendapatan pelaku usaha akan semakin bertambah.

Pameran dagang lokal yang digelar digelar Dinas koperasi UKM dan Perindag Kota Medan di Katamso Land ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 26 September sampai 28 September 2023. Selain diikuti sejumlah pelaku UMKM baik kuliner maupun kriya, dalam pameran ini dibuka juga stand administrasi untuk pelaku usaha, mulai dari Pengurusan sertifikasi label halal,
Pengurusan sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Pengurusan Perizinan Usaha.

Terhadap pelaku usaha yang mendapat bantuan dari Bobby Nasution berpesan agar dapat memanfaatkan peralatan usaha tersebut dengan maksimal. Artinya adanya peralatan usaha yang baru ini usahanya dapat semakin baik dan semakin berkembang serta bertambah pendapatan dari penjualan dari produk usahanya.

"Bantuan yang diberikan ini harus bisa benar-benar menjadikan para pelaku UMKM meningkatkan produktivitas dan pendapatannya," kata Bobby Nasution.

Bobby Nasution juga meminta kepada Dinas Koperasi UKM dan Perindag untuk dapat memantau dan membina terus pelaku UMKM terutama yang telah mendapatkan bantuan. Artinya jangan kita merasa setelah memberikan bantuan ini tanggung jawab kita selesai, namun harus dapat memastikan pelaku usaha yang mendapatkan bantuan produktivitas usahanya lebih meningkat.

"Saya minta Kadis Koperasi untuk dapat memastikan pelaku usaha semakin meningkat produktivitas usahanya setelah mendapatkan bantuan peralatan usaha," jelas Bobby Nasution.

Ditambahkan Bobby Nasution, Diskopukmperindag juga harus dapat membantu penjualan produk usaha mereka. Artinya jangan sampai yang biasanya pelaku usaha menghasilkan produksi 1 kg dan habis terjual, nantinya ketika dapat menghasilkan 5 kg dengan peralatan baru, produk usahanya tidak terjual semuanya.

"Hal terpenting adalah pembinaan yang diberikan Diskopukmperindag harus komprehensif. Artinya tidak hanya memberikan bantuan peralatan usaha, namun dibantu juga untuk promosi penjualan produk usaha para pelaku UMKM," ujar Bobby Nasution.

Selanjutnya Bobby Nasution mengungkapkan Pemko Medan terus berupaya untuk bersama-sama dengan pelaku usaha dalam menghadapi perkembangan zaman, di antaranya memanfaatkan digitalisasi dalam dunia usaha. Karena banyak sekali manfaat yang didapatkan jika pelaku usaha menggunakan digitalisasi.

"Saya mengajak para pelaku usaha untuk dapat terlibat langsung dalam digitalisasi yang marketnya pertama itu seluruh jajaran Pemko Medan melalui e-commerce yang akan dibuat. Nantinya melalui program tersebut pelaku usaha dapat memasukkan produk usahanya dan dibeli oleh ASN di lingkungan Pemko Medan yang jumlahnya mencapai 13 ribu orang," sebut Bobby Nasution.

Sementara itu, Imeldawati, pelaku usaha yang hadir dalam Pameran Dagang Lokal mengaku kegiatan seperti ini sangat bagus. Artinya pameran ini dapat mensupport para pelaku usaha agar bisa termotivasi untuk lebih baik dan meningkatkan lagi usahanya.

"Melalui kegiatan ini kami mendapatkan pengetahuan jika ingin meminta bimbingan ataupun bantuan kepada Pemerintah. Artinya ada wadah bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan bimbingan, mungkin ada beberapa pelaku usaha selama berusaha namun tidak mengetahui caranya untuk mendapatkan bimbingan ataupun bantuan dari Pemerintah," jelasnya.

Menurut Imel, bantuan yang diberikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution kepada pelaku usaha ini sangat membantu. Sebab selaku pengusaha yang usahanya kecil bantuan seperti ini dibutuhkan sekali.

"Karena usaha kita kecil, tentu keuntungan yang diperoleh juga kecil. Untuk itu diperlukan support dan dukungan dari Pemerintah seperti bantuan yang diberikan hari ini oleh pak Bobby Nasution," ujar Imelda yang memiliki usaha warung kopi.

Sementara itu, Benny Iskandar Nasution selaku Kadis Koperasi UKM dan Perindag menjelaskan bahwa Pameran Dagang Lokal ini digelar sebagai upaya untuk mewujudkan Visi dan misi Bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

"Pameran dagang lokal ini digelar untuk memfasilitasi serta memberdayakan UMKM yang ada melalui event pameran promosi memperkenalkan produk-produk UMKM ke pasar yang lebih luas. Artinya kegiatan ini untuk mendorong peningkatan volume penjualan produk UMKM meningkatkan produktivitas dan kreativitas UMKM memperluas jaringan pemasaran dan ciptakan segmen pasar baru bagi UMKM," jelas Benny Iskandar Nasution.

Selanjutnya dalam pertemuan ini Bobby Nasution memberikan hadiah kepada pelaku usaha yang dapat menjawab pertanyaan. Seorang ibu rumah tangga bernama Imeldawati berhasil menjawab pertanyaan Bobby Nasution dan mendapatkan hadiah satu unit TV.(BS07)


Tag: