Ekonomi

Buka Mukab KADIN Nias Selatan, Sekda Berharap KADIN Menjadi Mitra Strategis Pemkab untuk Tingkatkan Perekonomian Daerah



Buka Mukab KADIN Nias Selatan, Sekda Berharap KADIN Menjadi Mitra Strategis Pemkab untuk Tingkatkan Perekonomian Daerah
beritasumut.com/BS10

beritasumut.com - Musyawarah Kabupaten (Mukab) II KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Nias Selatan digelar pada hari Sabtu (29/10/2022) di Hotel Hernelis, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. KADIN merupakan organisasi yang mewadahi para pelaku usaha, dari berbagai kelas usaha, mulai usaha mikro, kecil, menengah, sampai pengusaha besar.

Mukab KADIN sendiri merupakan musyawarah para anggota KADIN di kabupaten untuk memilih ketua dan membahas visi program kerja KADIN di daerah selama lima tahun ke depan. Kegiatan Mukab kali ini mengangkat tema "Sinergitas KADIN Nias Selatan dan Pemkab dalam Pemberdayaan UMKM untuk Peningkatan Perekonomian Daerah.

Mukab tersebut dibuka oleh Sekda Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM., yang mewakili Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH. Dalam acara pembukaan Mukab, dari jajaran KADIN provinsi dan kabupaten lainnya, hadir Ketua Umum KADIN Sumut Ivan Iskandar Batubara diwakili oleh Wakil Ketua Umum Organisasi KADIN Sumut Ronald Sinaga, Komite Tetap Organisasi KADIN Sumut Irfansyah, dan anggota KADIN Nias Barat Suka Waruwu, SE, SH, MM.

Selain itu hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kab Nias Selatan Tandasokhi Halawa, S.Pd., anggota DPRD Provinsi Sumut Drs. Penyabar Nakhe, tokoh agama Pendeta Demia J. Wau, S.Th., tokoh masyarakat Pembangun Hati Ndruru, dan Rektor Universitas Nias Ellyunus Waruwu, S.Pt, M.Si.

Dalam sambutannya Sekda Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM. mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan Mukab II KADIN Nias Selatan, dan berharap KADIN bisa menjadi mitra strategis bagi Pemkab Nias Selatan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

"Saat ini situasi Indonesia tidak sedang baik-baik saja. Inflasi terjadi, walaupun tidak separah banyak negara-negara lainnya. Maka, Pemkab sangat berharap KADIN bisa bermitra dengan baik bersama pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi dan mendorong peningkatan perekonomian di Nias Selatan," tuturnya.

Dalam Mukab II ini terpilih secara musyawarah Ketua KADIN Nias Selatan untuk periode 2022-2027, Yunus Ishak Halawa, SE. Pengusaha kelahiran Sambulu, Nias Selatan, 26 januari 1984 ini memiliki latar belakang bisnis dalam usaha konstruksi dan penjualan bahan bangunan.

Dalam sambutannya di akhir acara Mukab, Yunus menyampaikan harapannya agar para pengusaha di Nias Selatan berkomitmen untuk mensukseskan program kerja KADIN Nias Selatan yang akan segera disusun oleh pengurus.

"Komitmen anggota KADIN dan sinergi yang baik dengan pemerintah pasti akan menyumbangkan kontribusi yang lebih signifikan pada perekonomian di Nias Selatan," tegasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Drs. Penyabar Nakhe, dalam sambutan serta pembekalan pada sesi penutupan Mukab mengungkapkan harapan tentang bangkitnya kembali perekonomian di Sumatera Utara, terkhusus di Kabupaten Nias Selatan pasca pandemi dan masa inflasi saat ini, agar pembangunan perekonomian dan daya beli masyarakat stabil.

"Semoga KADIN, pemerintah daerah, serta berbagai stakeholders lainnya bisa membuat program-program yang kongkrit, dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM," ujarnya.


Tag: