Ekonomi

Asia Tengah, Kawasan Strategis dengan Potensi Ekonomi dan Energy Security



Asia Tengah, Kawasan Strategis dengan Potensi Ekonomi dan Energy Security
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Sejak keruntuhan Uni Soviet pada 1991 dan bermunculannya negara-negara baru di Asia Tengah. Juga pecahnya Yugoslavia dan Cekoslovakia disebut sebagai zaman baru dan mengakhiri era perang dingin.

Muncul pula konsep baru dalam dunia hubungan internasional ihwal pemahaman tentang kedaulatan yang tidak hanya bicara tentang hak sebuah pemerintahan untuk memerintah satu populasi di sebuah wilayah, tapi juga melekat kewajiban negara untuk melindungi warga negaranya.

Hal itu diungkapkan oleh Shiskha Prabawaningtyas, Direktur Paramadina Graduate School of Diplomacy (PGSD) Univesitas Paramadina dalam Webtalks ke-13 bertajuk 'Diplomasi Indonesia di Asia Tengah' yang diselenggarakan Universitas Paramadina bekerjasama dengan Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial LP3ES.

Baca Juga : Wujudkan Indonesia Mandiri Bidang Kesehatan, Kemenperin Optimalkan Produk Dalam Negeri

Menurut Shiskha, beberapa engagement baru seperti instrumen diplomasi Bahasa, menarik untuk dikembangkan dalam hubungan strategis terkait kerjasama pengembangan SDM dengan negara-negara Asia Tengah. Ini merupakan peluang Indonesia karena Asia Tengah juga merupakan wilayah yang potensial.


Tag: