Wagub Harapkan Potensi Sumut Diperkenalkan di HIPMI Trade Mission ASEAN 2015



Wagub Harapkan Potensi Sumut Diperkenalkan di HIPMI Trade Mission ASEAN 2015
Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi berfoto bersama usai menerima audiensi Organizing Committee HIPMI Trade Mission ASEAN 2015. (Ist)

Beritasumut.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi berharap Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) mengenalkan potensi Sumut di ajang HIPMI Trade Mission ASEAN 2015.

 

Harapan itu dikemukakan Tengku Erry saat menerima Organizing Committee HIPMI Trade Mission ASEAN 2015 di ruang kerjanya Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (21/4/2015).

 

Hadir dalam audiensi Ketua Umum HIPMI-PT Sumut Syahrul Akbar, Sekretaris Umum Dede H Said, Anggota HIPMI-PT Sumut Samuel Hutajulu, Wan Diza Aprillida, Sofa Nadhira, Mustaqim Imanullah, Putra Ahmad Syarif Irawan Pasaribu, Said Idris Al Idris, Arimansyah dan Indra S.

 

Sementara Wagub Sumut didampingi Staf Ahli Gubernur Sumut Aspan Sofian, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Sumut Masri, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pengarah Kesbangpolinmas Sumut Indra.

 

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry mengimbau mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI-PT untuk memahami berbagai potensi yang dimiliki Sumut, baik sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) dan hal lainnya.

 

"Pemahaman itu akan sangat bermanfaat nanti dalam upaya mengenalkan potensi Sumut kepada pihak lain. Dengan demikian, diharapkan akan terjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak," harap Tengku Erry.

 

Tengku Erry yang juga pernah menjabat Ketua HIPMI Medan dan Sumut ini juga memberikan sejumlah saran kepada pengurus HIPMI-PT untuk giat menimba ilmu dalam upaya mengembangkan usaha.

 

"Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tetapi arahan dari sejumlah senior juga banyak manfaatnya, karena mereka sudah merasakan pahit manis membangun bisnis. Mulai dari jatuh, bangun, jatuh dan bangun lagi hingga berhasil," terang Tengku Erry.

 

Selain itu, Tengku Erry juga mendorong HIPMI-PT untuk jeli melihat peluang pasar, termasuk menghasilkan produk unggulan yang menarik minat konsumen.

 

"Jaga integritas dan kualitas. Keduanya merupakan modal untuk sukses," sebut Tengku Erry.

 

Tengku Erry juga mengajak HIPMI-PT untuk memenangkan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang efektif akan diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang.

 

"Kita harus mendapatkan manfaat dari pemberlakuan MEA. Kita jangan sampai jadi penonton di rumah kita sendiri. Harus menjadi pemenang. Untuk itu, analisa apa yang dibutuhkan era MEA. Cari solusinya dan tawarkan dengan bijak," papar Tengku Erry.

 

Tidak lupa Tengku Erry berpesan, dengan misi dagang yang akan dilaksanakan di HIPMI Trade Mission ASEAN 2015, HIPMI PT Sumut memperoleh pangalaman dari pengusaha muda perguruan tinggi asal Malaysia maupun Singapura.

 

"Lihat, perhatikan, pahami dan terapkan di Sumut. Delegasi nantinya harus mampu mengaplikasikan ilmu yang di dapat dalam HIPMI Trade Mission ASEAN 2015," pesan Tengku Erry.

 

Sementara Ketua Umum HIPMI PT Sumut Syahrul Akbar mengatakan, HIPMI-PT Sumut akan mengadakan HIPMI Trade Mission ASEAN 2015 di Singapura dan Malaysia yang di dalam missi tersebut juga akan dilaksanakan Young Leaders Summit 2015 dimana acara tersebut merupakan ajang pertemuan antara pemimpin-pemimpin muda (mahasiswa) dari negara Indonesia, Singapura dan Malaysia dalam menanggapi ASEAN Economic Community 2015. Jadwal keseluruhan kegiatan digelar mulai tanggal 11 s/d 14 Mei 2015 di Singapura dan Malaysia.

 

"Delegasi yang akan mengikuti misi tersebut sebanyak 40 orang yang terhimpun dari anggota HIPMI PT seluruh Indonesia, yang 80 persen dari anggota HIPMI-PT Sumut," ujar Akbar.

 

Tujuan kegiatan, sebut Akbar, untuk membuka jaringan para pebisnis dan pemimpin muda ASEAN, melakukan studi banding tetang penerapan sistem pendidikan yang baik menjelang MEA 2015, studi banding tetang penerapan sistem pemerintahan yang baik menjelang MEA 2015, mendapatkan informasi tentang tatanan regulasi di negara ASEAN dalam menghadapi MEA 2015 dan merumuskan satu rangkuman rekomendasi kepada pemerintah Indonesia, eksekutif dan legislatif dalam membuat regulasi serta rancangan undang-undang yang pro kepada pengusaha di tanah air dalam menghadapi MEA 2015.

 

"Dengan missi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengusaha muda khususnya mahasiswa di Sumut," harap Akbar.

 

Ketua I HIPMI-PT Sumut Jamson H Tampubolon menambahkan, HIPMI-PT Sumut dalam misi ini juga mempunyai tujuan agar pengusaha-pengusaha muda yang ada di Singapura dan Malaysia dapat datang ke Sumut dan dapat berinvestasi di Sumut.

 

"HIPMI-PT menghadirkan 40 delegasi. Kita berharap pengusaha Muda dari Malaysia dan Singapura lebih dari 40 delegasi dapat hadir di Sumut," ujar Jamson. (BS-001)


Tag: