Untuk Ketiga Kalinya Pemko Medan Dapat Penghargaan Dari Menkeu



Untuk Ketiga Kalinya Pemko Medan Dapat Penghargaan Dari Menkeu
Walikota Medan Dzulmi Eldin menerima penghargaan dari Menkeu Chatib Basri. (Ist)
Jakarta, (beritasumut.com) – Walikota Medan Dzulmi Eldin kembali menerima penghargaan bergengsi. Kali ini penghargaan diberikan Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Chatib Basri di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jalan Senen Raya, Jumat malam (12/9/2014).

Penghargaan ini diberikan karena Pemko Medan dinilai berhasil dalam menyusun  dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2013 dengan capaian standar tertinggi dalam akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Keberhasilan meraih piagam penghargaan ini diperoleh setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia melakukan audit atas LKPD Kota Medan Tahun 2013. Berdasarkan hasil audit yang dilakukan, Pemko Medan berhasil mendapatkan capaian opini pemeriksaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Bagi Pemko Medan, penghargaan yang diterima berkat kerja keras seluruh jajarannya ini merupakan yang ketiga kalinya diperoleh secara berturut-turut setelah dua tahun sebelumnya juga mendapatkan piagam penghargaan yang sama dari Menkeu karena LKPD Tahun 2011 dan 2012 mendapatkan capaian opini WTP dari BPK RI.

Menkeu menyerahkan piagam penghargaan ini pada malam apresiasi usai melaksanakan Rapat Kerja Nasional Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2014 seharian penuh di Gedung Dhanapala. Selain Walikota Medan, ada 134 Bupati/Walikota lagi di seluruh Indonesia yang mendapatkan piagam penghargaan tersebut.

Menkeu Muhammad Chatib Basri dalam sambutannya mengatakan, piagam penghargaan ini diberikan sebagai wujud ungkapan terima kasih pemerintah atas upaya yang telah dilakukan oleh Bupati/Walikota selama ini, dalam  rangkat terus mewujudkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih transparan dan akuntabel.

“Semoga kerja keras yang dilakukan selama ini akan menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” kata Menkeu.

Sebelum penyerahan piagam penghargaan ini dilakukan, sejak pagi sampai petang digelar Rapat Kerja Nasional Akutansi dan pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2014. Dalam rapat mulai dari sesi sidang pleno sampai sidang pleno kedua telah dibahas berbagai hal serta menghasilkan beberapa hal yang menjadi kesimpulan.

“Saya berharap melalui pembahasan yang telah dilakukan dan beberapa hal yang menjadi kesimpulan dalam rapat ini, kiranya dapat menjadi pemacu motivasi kita untuk dengan semangat WTP dapat mengoptimalkan sumber daya guna menyongsong pelaksanaan akutansi berbasis AKRUL di Tahun 2015,” harap Menkeu.

Dijelaskan Menkeu, rapat kerja nasional ini akan menajadi modal bagi pemerintah dalam rangka merencanakan dan mempersiapkan  merencanakan implementasi akutansi berbasis AKRUL tersebut, mulai dari penyusunan peraturan, pengembangan sistem, penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan SDM dan peningkatan peranan aktif sehingga perubahan sistem basis AKRUL akutansi tidak menjadi kendala bagi pemerintah untuk tetap memberikan laporan dengan kualitas terbaik.

Sementara itu Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi sejumlah pimpinan SKPD diantaranya Inspektur Kota Medan Farid Wajedi, Kadispenda Kota Medan M Husni dan Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota Medan Sampurno Pohan, mengaku sangat gembira atas  pemberian piagam penghargaan dari Menkeu tersebut. Keberhasilan ini diperoleh berkat kerja keras seluruh jajaran Pemko Medan.

“Alhamdulillah berkat kerja keras semua dan didukung seluruh anggota DPRD Medan yang terhormat, kita berhasil mendapatkan piagam penghargaan dari Menkeu. Saya berpesan agar kita semua tidak cepat puas dengan penghargaan yang diterima malam ini, mari kita jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk bekerja lebih keras lagi ke depannya,” kata Walikota.

Selanjutnya Walikota berharap melalui keberhasilan meraih piagam penghargaan ini, dapat memotivasi seluruh apratur di lingkungan  Pemko Medan untuk bekerja lebih baik  lagi, terutama menyangkut pengelolaan keuangan. Dengan demikian pengelolaan keuangan masing-masing  Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dapat lebih baik, lebih transparan dan lebih akuntabel dalam pengelolaan keuangan.

“Jadi saya kembali mengingatkan agar kita semua tidak lengah dan terbuai, sebab meraih prestasi lebih mudah dibandingkan mempertahankan prestasi. Mari kita terus bekerja keras dan bekerja keras lagi untuk untuk pembangunan dan kemamuran rakyat Kota Medan sehingga dapat lebih berdaya guna  dan berhasil guna. Insya Allah kita akan kembali  meraih opini WTP dari BPK RI dan piagam penghargaan dari Menkeu untuk keempat kalinya,” harap Walikota. (BS-001)

Tag: