Sayonara Mr Yuji Hamada



Sayonara Mr Yuji Hamada
Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi memberikan foto kenangan kepada Konjen Jepang Mr Yuji Hamada. (Ist)

Beritasumut.com Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Tengku Erry Nuradi menyatakan apresiasi terhadap Konjen Jepang di Medan, Mr Yuji Hamada yang dinilai sukses dalam membangun berbagai kerja sama dengan Sumut.

Apresiasi tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi dalam acara perpisahan dengan Konjen Jepang untuk Medan, Mr Yuji Hamada di Konjen Jepang, Jalan Cut Nyak Dien No 18, Medan, Selasa (10/3/2015) malam.

Hadir sejumlah Konjen negara sahabat, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut, beberapa Rektor perguruan tinggi negeri dan swasta, pimpinan BUMN dan BUMD dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Erry menyatakan, selama empat tahun melaksanakan tugas di Medan, Mr Yuji Hamada getol membangun kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan sejumlah Kabupaten/Kota.

"Mulai dari bidang pendidikan seperti beasiswa, pertukaran pelajar, penyiapan pembangkit listrik hingga penyediaan air bersih," ujar Erry.

Untuk kota Medan, sebut Erry, Jepang membangun kerja sama Kota Kembar (Sister City) dengan salah satu kota di Jepang sehingga meningkatkan kunjungan pariwisata dan ekonomi antarkedua kota.

"Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sumatera Utara, saya mengucapkan terima kasih kepada Mr Yuji Hamada yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai Konjen Jepang di Sumatera Utara selama empat tahun. Sayonara Mr Yuji Hamada," sebut Erry.

Erry juga menyebutkan, Hamada juga turut ambil bagian dalam menjaga kerukunan, harmonisasi antara Indonesia dengan Jepang.

"Mr Yuji Hamada juga responsif terhadap berbagai fenomena yang terjadi di Sumut. Sikap itu menimbulkan citra positif terhadap Konjen Jepang di Medan," papar Erry.

Erry berharap, meski tidak lagi menjabat Konjen Jepang di Medan, Mr Yuji Hamada tetap berperan dalam mengeratkan kerjasama antara Sumut dengan Jepang di masa mendatang.

"Sumut punya banyak potensi yang dapat dikembangkan. Semoga Mr Yuji Hamada bisa menjadi jembatan dalam membangun kerja sama, terutama bidang kelautan, pertanian dan pertambangan," harap Erry.

Mr Yuji Hamada bertugas di Indonesia selama 18 tahun. Empat tahun menjadi Konjen Jepang di Medan.

"Dari seluruh masa tugas saya di Indonesia, selama 4 tahun ini adalah yang terbaik karena bisa menjalin kerja sama berbagai program dengan Sumut dan beberapa Pemerintah Daerah di Sumut," jelas Hamada.

Hamada juga berjanji, akan mengeratkan hubungan harmonis antara Sumut dengan Jepang, meski tidak lagi menjabat Konjen Jepang di Medan.

"Saya akan memperkuat hubungan baik antara kedua begara. Behitu juga dengan Sumut," tutup Hamada. (BS-001)


Tag: