BPPKB Palas Sosialisasikan Pencegahan Trafficking dan Perlindungan Anak

Perempuan & Anak Kerap Menjadi Korban Trafficking



Perempuan & Anak Kerap Menjadi Korban Trafficking
Ilustrasi. (Google)

Beritasumut.com - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan perdagangan manusia atau trafficking dan perlindungan terhadap anak di Aula MAN Sibuhuan, Jumat (10/4/2015).

Dalam sambutannya, Kepala BPPKB Palas Melinda Sormin mengatakan anak adalah amanah sekaligus karunia dari Tuhan, yang senantiasa harus kita jaga karena dalam dirinya melekat harkat dan martabat dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Hak azasi anak merupakan hak azasi yang diatur dalam UUD Tahun 1945 dan Konvensi PBB tentang hak-hak anak.

Kemudian sebut, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

"Anak juga merupakan masa depan bangsa dan generasi penerus cita-cita bangsa, sehingga setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, serta berhak atas perlindungan dari tindakan kekerasan dan diskriminasi serta hak sipil dan kebebasan," ujar Melinda.

Menurut Melinda, upaya perlindungan anak perlu dilakukan sedini mungkin. Orang tua, keluarga, dan masyarakat bertanggungjawab untuk menjaga dan memelihara hak azasi tersebut.

Sambungnya, informasi yang diperoleh dari media cetak maupun elektronik, dan media sosial lainnya, banyak berita tentang perempuan dan anak yang menjadi korban trafficking, mulai dari korban yang menimbulkan gangguan fisik dan mental.

"Dengan adanya sosialisasi sosialisasi pencegahan dan penanggulangan perdagangan manusia atau trafficking dan perlindungan terhadap anak ini, besar harapan kami para undangan terutama anak-anak sekolah yang hadir dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat guna mencegah tindakan yang merusak fisik dan mental anak," tutupnya.

Acara sosialisasi diikuti peserta dari siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Palas dan undangan, dengan narasumber Emmy Suryani Lubis SH MAP  dari Biro Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sumatera Utara. (BS-032)


Tag: