Pemkab Palas Gelar Peringatan HKN ke-50



Pemkab Palas Gelar Peringatan HKN ke-50
Ilustrasi. (Google)
Palas, (beritasumut.com) Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Padang Lawas menggelar peringatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 di Lapangan Merdeka, Sibuhuan, Rabu (12/11/2014).

Acara dihadiri Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO), Wabup Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Ketua DPRD Palas Syahwil Nasution, Ketua TP PKK palas Yusra Ali Sutan, Direktur RSUD Sibuhuan Sri Dewi Bahagia, Kepala SKPD, Camat, Kepala Puskesmas, Pimpinan Cabang BRI Sibuhuan, Ketua OKP, LSM dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Palas mengatakan upaya mewujudkan Bangsa dan Negeri Indonesia yang sehat-sejahtera adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.Untuk maksud tersebut, pada peringatan HKN ke-50 dilakukan upaya menggelorakan semangat untuk mengutamakan upaya promotif-preventif serta melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan komitmen kuat.

Upaya ini ditujukan kepada para pengambil keputusan di jajaran pemerintah pusat dan daerah, petugas kesehatan, dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan, kalangan swasta/dunia usaha, serta para penggiat dunia maya.

Lanjutnya, sebuah usia yang cukup mapan untuk kembali mereview perjalanan pembangunan kesehatan selama setengah abad. Dalam hal ini, kesamaan aksi dalam peringatan HKN ini akan menjadi momentum untuk meningkatkan komitmen dan aksi bersama untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan individu, kelompok maupun masyarakat untuk peduli masalah kesehatan serta berperan aktif dalam segala bentuk upaya kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Leli Ramayulis dalam laporannya menyampaikan, dasar pelaksanaan kegiatan adalah SK Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Nomor 440/3105/XI/2014 Tanggal 31 Oktober 2014 yang bertujuan sebagai momentum untuk menggerakkan pembangunan kesehatan di Palas dan untuk dijadikan inspirasi dalam mewujudkan Padang Lawas Beriman, Cerdas, Sehat dan Berbudaya (Bercahaya)

"Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-50 harus kita jadikan momentum untuk mengingatkan masyarakat bahwa kesehatan harus bergerak dari wilayah kuratif ke wilayah promotif dan preventif," kata Leli

Lanjut Leli, Tahun 2009 Dinas Kesehatan Palas berada pada peringkat 29 dari 33 Kabupaten/Kota untuk program TB. Tetapi tahap demi tahap kita terus meningkatkan kinerja hingga Tahun 2014 Dinkes Palas mampu menjadi peringkat pertama terbaik se Sumatera Utara dalam hal penemuan Case Detection Rate (CDR). Dalam kaitannya, dengan pencapaian MDGS yang akan berakhir Tahun 2015, beberapa indikator telah menunjukkan perbaikan yang menggembirakan," ujarnya

Dalam acara memeriahkan HKN, berbagai perlombaan digelar antara lain lomba senam sehat bugar yang dilaksanakan pada 27-31 Oktober 2014, tenis meja pada 3-7 Nopember 2014 diikuti 34 peserta utusan SKPD dan Muspika se Palas, pengobatan gratis dan pemberantasan sarang nyamuk yang dlaksanakan pada 4-11 Nopember 2014 serta Komitmen Stop Merokok pada puncak acara, Rabu (12/11/2014).

Dalam laporannya, panitia menyampaikan bahwa HKN yang ke-50 tersebut, turut disponsori oleh Bank Sumut, Bank Syariah Mandiri, Bank BRI serta PT Mazuma Agro Indonesia (PT MAI).

Di penghujung acara, diumumkan pemenang beberapa perlombaan yang telah dilalui pada rangkaian acara sebelumnya, diantaranya Tenaga Kesehatan Teladan, sebagai juara pertama Kategori Dokter Teladan diraih dr Fitriyani Siahaan, juara dua diraih dr Ahmad Kamal dan juara tiga dr Siti Chairiah MKes. Serta pemenang Tenaga Kesehatan Teladan, juara satu jatuh pada Sri Novayanti, juara dua Maina Susana Ginting dan juara tiga Dina Maya Suri.

Pada akhir acara, dengan didampingi Wabub, Kadiskes dan Direktur RSUD Sibuhuan serta Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Palas GT Hamonangan Daulay, Bupati Palas menjenguk pasien di RSUD Sibuhuan. (Sahat G Lubis)

Tag: