Pemkab Pakpak Bharat Selenggarakan Pra Konsultasi dan Konsultasi Publik Rancangan RPJMD



Pemkab Pakpak Bharat Selenggarakan Pra Konsultasi dan Konsultasi Publik Rancangan RPJMD
Beritasumut.com/Ist
Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat selaku leading sector mengadakan kegiatan Konsultasi Publik di Aula Pemkab Pakpak 

Beritasumut.com-Sebagai turunan dari visi dan misi kepala daerah terpilih, Pemerintah Daerah harus menyusun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang berlaku selama 5 tahun. Penjabaran dari RPJMD tersebut berupa Renstra (Rencana Strategis) yang akan menjadi program serta kegiatan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).Sebagaimana ketentuan regulasi, sebelum ditetapkan sebagai Peraturan Daerah, RPJMD harus melalui proses Konsultasi Publik dan Musrenbang.

Untuk itu Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat selaku leading sector kegiatan ini membuat kegiatan Konsultasi Publik di Aula Pemkab Pakpak Bharat dengan menghadirkan jajaran DPRD, para pimpinan SKPD dan Camat, para pejabat Eselon III serta Kasubbag PEP (Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan), serta para Kepala Desa, Jumat (15/07/2016). Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah konsultan dari Universitas Sumatera Utara yang dipimpin oleh Drs Agus Suryadi MSi.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Plt Sekda Mester Padang SPd MM, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencari masukan dalam rangka penyempurnaan Rancangan RPJMD dimaksud. “Dengan demikian kepada seluruh hadirin untuk memberikan masukan yang konstruktif dan positif," terangnya dilansir dari laman resmi pakpakbharatkab.go.id.

Bupati juga berharap agar segala pihak terkait dapat semakin merapatkan barisan dan bekerja secara sinergis. “Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan pembangunan di Kabupaten ini merupakan keberhasilan kolektif," sambung Plt Sekda.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Sonni P Berutu STh menekankan pentingnya perencanaan yang terintegrasi, baik itu di internal SKPD, maupun antar SKPD. Sonni mengibaratkan seperti jangan membuat selokan, kemudian dihancurkan untuk pelebaran jalan, kemudian di bangun selokan lagi. “Begitu juga dengan pemberian beasiswa dari Dinas Pendidikan, harus dapat berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, sehingga tidak membuat pengangguran intelektual di Kabupaten Pakpak Bharat," jelas Ketua DPRD.

Sementara itu, Ketua Tim Konsultan Drs Agus Suryadi MSi menyampaikan bahwa konsultasi publik dilaksanakan tidak sekedar memenuhi ketentuan undang-undang tetapi juga agar dapat dihimpun aspirasi atau harapan pemangku kepentingan bersama masyarakat terhadap program pembangunan yang direncanakan. “Nantinya output dari konsultasi publik ini menjadi rancangan akhir RPJMD Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2016-2021," pungkasnya. (BS02)

Sebelumnya pada Rabu (13/07/2016), dengan dipandu oleh Bupati Pakpak Bharat dilaksanakan Pra Konsultasi Publik Rancangan RPJMD di Ruang Rapat Sekda, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak.(BS02)


Tag: