Cek Dokumen Amdal dan IPAL Gerai KFC, BLH Medan Siap Turunkan Tim



Cek Dokumen Amdal dan IPAL Gerai KFC, BLH Medan Siap Turunkan Tim
Google
Ilustrasi

Medan, (beritasumut.com) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kota Medan siap menurunkan tim guna mengecek dokumen Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan izin Instalasi Pengelola Air Limbah (IPAL) sejumlah gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) di Kota Medan. Pasalnya, dari 16 gerai KFC yang ada, disinyalir tidak memiliki kelengkapan izin tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala BLH Medan Arif Tri Nugroho saat dikonfirmasi wartawan di Medan, Jumat (24/1/2014).

"Saya sudah membuat surat perintah tugas (SPT) untuk tiga tim yang diisi Pembina Pengawas Lingkungan Hidup Daerah (PPLHD). Tim tersebut nantinya akan mengecek setiap gerai KFC apakah memiliki dokumen Amdal atau IPAL pada Senin (27/1/2014), bebernya.

Dikatakan Arif, pihaknya akan menindaklanjuti laporan Lembaga Lintas Peristiwa Sumatera Utara (LLPSU) yang mengadukan bahwa gerai KFC yang sudah berdiri bertahun-tahun tidak memiliki dokumen Amdal maupun IPAL.

Untuk memeriksa dokumen lingkungan hidup, ujar dia, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tim hanya mampu memeriksa dua gerai selama satu hari.

Mengenai sanksi atas tidak adanya dokumen Amdal dan IPAL, BLH Pemko Medan tidak dapat melakukan tindakan. Pasalnya, banyak kontribusi yang diberikan restoran cepat saji itu ke Pemko Medan antara lain berupa pajak. Selain itu banyak juga pekerja yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja di gerai KFC. Maka ke depan pihaknya akan melakukan pembinaan. 

Kalau masih bisa kita bina, maka akan kita bantu untuk mengurus dokumen Amdalnya, tapi kalau tetap membandel barulah kita beri sanksi dengan penutupan gerai, tegasnya. (BS-001)


Tag: