Besok, Erry Nuradi Lantik Bupati Nias



Besok, Erry Nuradi Lantik Bupati Nias
beritasumut.com/ist
Gubernur Sumut Erry Nuradi.

Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) HT Erry Nuradi dijadwalkan melantik Sokhiatulo Laoli–Arosokhi Waruwu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias, besok (10/06/2016). Pasangan petahana ini unggul dalam perolehan suara dari pasangan lainnya pada Pilkada 9 Desember 2015 yang lalu.

"Iya hari Jumat pelantikannya untuk Nias di Kantor Gubernur Sumut. Karena sesuai Undang-undangnya pelantikan Bupati dan Walikota di ibukota Provinsi. Kalau pelantikan kemarin di Jakarta itu diskresi," ujar Erry Nuradi kepada wartawan Kamis (09/06/2016).

Lebih lanjut dikatakan Erry berbeda dengan pelantikan sebelumnya yang digelar serentak, pelantikan kali ini hanya satu daerah saja. Sedangkan pemenang Pilkada Kabupaten Madina belum dapat dilantik karena masa jabatan KDH periode sebelumnya baru berakhir pada 28 Juni 2016 mendatang. "Madina belum habis. Jadi tidak bisa dilantik secara bersamaan," ujar Erry.

Terpisah, Kepala Biro Otda Jimmy Pasaribu membenarkan kalau pelantikah Bupati dan Wakil Bupati Nias digelar Jumat ini di ruang Martabe Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan Pukul 09.00 WIB. Pelantikan ini, lanjut Jimmy, akan dilakukan Gubernur Sumut Erry Nuradi mengatasnamakan Mendagri Tjahyo Kumolo.

"Tidak ada undangan dari Mendagri. Paling hanya FKPD dan keluarga yang dilantik ditambah kita yang di Pemprov Sumut ini," ujar Jimmy.
 
Sekedar informasi pasangan nomor urut 3 yang merupakan petahana Sokhiatulo Laoli–Arosokhi Waruwu memperoleh 30.039 suara (55,79%). Disusul oleh pasangan nomor 1 Faigi’asa Bawamenewi – Bezatulö Gulö dengan perolehan suara 23.259 suara (43,19%). Diperingkat terakhir, pasangan calon nomor urut 2  Happy Persatuan Ndraha – Bazisökhi Laia hanya meraih 549 suara (1,02%).(BS03)


Tag: