BPKP Sumut Gandeng Unimed dalam Pengelolaan Keuangan Desa



BPKP Sumut Gandeng Unimed dalam Pengelolaan Keuangan Desa
Beritasumut.com/Ist
Penandatangan MoU BPKP Sumut

Beritasumut.com-BPKP Provinsi Sumatera Utara gelar kerjasama dengan pihak universitas dalam penyelenggaraan kuliah/workshop pengelolaan keuangan daerah/desa. Nota kesepahaman ditandangani oleh Wakil Rektor IV Unimed dan bersamaan juga dilakukan penandatanganan MoU dengan USU dan Direktur Polmed didampingi oleh pimpinan BPKP Pemprov Sumut yang dilaksanakan di Ruang Diklat Kantor BPKP Sumatera Utara, Rabu (22/06/2016).

Kepala BPKP Pemprov Sumut mengatakan, kerjasama ini akan dilakukan dalam upaya penguatan dan pengawasan penggunaan dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah. "Semoga dengan gandeng PTN di Sumatera Utara dapat berdampak baik bagi tercapainya tujuan pemerintah pusat dalam memberikan dana desa untuk kesejahteraan dan optimalisasi pembangunan desa. Menggandeng PTN adalah suatu opsi yang terbaik menurut kami, karena PTN pastinya memiliki SDM yang handal untuk mendukung apa yang menjadi harapan kita bersama," papar

Wakil Rektor IV Prof Drs Manihar Situmorang MSc PhD mewakili Rektor Unimed pada acara tersebut mengatakan, Unimed sangat bangga dilibatkan dalam program MoU akuntansi keuangan daerah/desa. "Prodi Pendidikan Akuntansi Unimed siap untuk mendampingi mulai daerah tertinggal hingga daerah perkotaaan, kami dengan senang hati menerima pencerahan dan ilmu dari BPKP kepada Unimed, jika perlu untuk diskusi kami siap dan terbuka menerima," terang Manihar dilansir dari laman resmi humas.unimed.ac.id.

"Kita dosen-dosen akuntansi Unimed siap diberdayakan dalam pengelolaan dan pengawasan penggunaan pendanaan desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat. Kita siap berkolaborasi dengan USU, POLMED dan staf BPKP dalam melaksanakan tugas nantinya," sambung Manihar.

Sementara itu, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum sangat mengharapkan akan MoU dapat berlanjut di masa depan. "Kami berharap agar kedepan dalam pelaksanaan dan pengelolaan keuangan di USU dapat bermitra dengan BPKP dalam pengawasan. Sehingga penggunaan anggaran tersebut sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Dalam rangka membina kerjasama pelaksanaan tugas fungsi pokok kelembagaan," jelas Runtung.

Turut hadir Kepala BPKP Pemprov Sumut, Dekan FE Unimed Prof Indra Maipita MSi PhD, jajaran staf FE USU, dan Polmed, staf dan jajaran BPKP Pemprov Sumut. Selain penandatangan MoU, pemberian tools/aplikasi akuntasi dari BPKP kepada USU, Unimed dan Polmed. Serta terakhir pemberian cendera mata oleh setiap masing-masing perwakilan. (BS02)


Tag: