Ekonomi

DBS & Manulife Jalin Kemitraan Asuransi Perbankan Berjangka Waktu 15 Tahun



DBS & Manulife Jalin Kemitraan Asuransi Perbankan Berjangka Waktu 15 Tahun
Ilustrasi. (Google)

Beritasumut.com - DBS Bank Ltd dan Manulife Financial Asia Limited mengumumkan kesepakatan distribusi asuransi perbankan berjangka waktu 15 tahun di tingkat regional yang mencakup empat pasar penting, yaitu Singapura, Hong Kong, Cina, dan Indonesia. Kesepakatan yang ditandatangani pada Rabu (8/4/2015) akan mulai berlaku pada 1 Januari 2016.

Dalam siaran pers yang diterima, Kamis (9/4/2015), disebutkan kemitraan asuransi jiwa perbankan yang baru ini akan menggabungkan layanan terdepan dari waralaba perbankan DBS dengan keahlian Manulife selaku pemimpin global dengan komitmen jangka panjang untuk Asia di bidang asuransi dan manajemen aset. Di empat pasar tersebut, enam juta nasabah dari ritel, manajemen aset, dan basis nasabah UKM DBS yang besar dan berkembang, akan mendapatkan akses terhadap solusi asuransi jiwa dan asuransi kesehatan terbaik di kelasnya dari Manulife, melalui jaringan bank yang luas dengan lebih dari 200 cabang dan lebih dari 2.000 tenaga penjual profesional, serta melalui platform internet dan perbankan selulernya. Kesepakatan tersebut akan dijalankan sesuai dengan hukum dan peraturan-peraturan lokal yang berlaku.

Menjelang diresmikannya kesepakatan dengan Manulife, DBS melakukan proses yang komprehensif dalam pemilihan mitra asuransi, yang menarik minat yang tinggi dari sejumlah perusahaan asuransi multinasional terkemuka di Asia. Proses ini mempertimbangkan sejumlah faktor, termasuk fokus pada pelanggan, keahlian, rekam jejak, serta potensi penciptaan nilai jangka panjang.

Manulife adalah penyedia solusi asuransi dan manajemen aset terdepan dan merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar keenam di dunia, dengan rekam jejak selama 118 tahun di Asia, dan lebih dari enam juta nasabah yang tersebar di 12 pasar di wilayah tersebut. Manulife pertama kali didirikan di Singapura pada tahun 1898 dan merupakan perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang menyediakan solusi dana pensiun dan manajemen aset di Hong Kong, yang mulai beroperasi sejak Tahun 1897.

Kemitraan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan kepada kedua belah pihak. DBS akan memperkokoh kemampuannya dalam mendistribusikan produk asuransi jiwa di Asia, termasuk posisinya sebagai penyedia layanan asuransi perbankan terdepan di Singapura, serta menyediakan rangkaian lengkap solusi asuransi yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Sementara Manulife akan mendapatkan akses terhadap nasabah DBS di empat pasar asuransi yang menjanjikan, dimana sebagian besar masyarakatnya belum memiliki pertanggungan yang memadai, terdapat kesenjangan perlindungan asuransi yang cukup besar, dan anggaran dana pensiun masih kurang.

"Asuransi perbankan adalah fokus utama DBS dan merupakan bagian penting dari proposisi nilai nasabah kami secara keseluruhan. Fokus kepada nasabah dan komitmen Manulife yang kokoh terhadap Asia selaras dengan visi kami. Kami telah bekerja sama dengan Manulife Singapura, Hong Kong, dan Indonesia dan akan menjadi mitra asuransi perbankan utama bagi Manulife di Asia dan mitra asuransi perbankan 3 terbesar secara global. Bersama, kami berharap dapat mengembangkan bisnis kami berlandaskan momentum yang kami telah capai dalam asuransi perbankan," kata CEO DBS Piyush Gupta.

Sementara Presiden & Chief Executive Officer Manulife Donald A Guloien, mengatakan sangat bangga terpilih sebagai mitra asuransi perbankan DBS di empat pasar penting di Asia. DBS adalah institusi perbankan terdepan, dengan rekam jejak yang baik dan masa depan yang sangat cerah. Manulife sangat memahami DBS, dan ingin menjadi bagian penting dari kesuksesan mereka sebagai grup layanan keuangan terkemuka di Asia. 

Kesepakatan berjangka waktu 15 tahun ini berlandaskan pada kemitraan yang sudah terjalin dengan DBS. Kesepakatan ini akan mempercepat pertumbuhan Manulife di Asia, memperkokoh dan memperluas ragam bisnis asuransi kami, dan memberi kami akses terhadap basis nasabah yang lebih luas.

Domenic Fuda, Deputy Group Head of Consumer Banking & Wealth Management di DBS, juga berkata sangat senang dapat bermitra dengan Manulife, perusahaan asuransi global ternama di Asia. DBS melihat banyak peluang yang saling melengkapi untuk menyediakan beragam produk asuransi dan tabungan unggulan bagi nasabah, serta membantu individu dan keluarga meraih ketenangan melalui perlindungan kesehatan dan tabungan masa pensiun.

"Kekuatan dan visi DBS dan Manulife saling melengkapi, khususnya terkait kesamaan fokus kami dalam menyediakan pengalaman yang luar biasa bagi nasabah. DBS menawarkan kemampuan distribusi yang sangat menarik, basis nasabah yang luas, dan kemampuan asuransi perbankan yang sudah terbukti. Kami sangat gembira atas prospek untuk memperluas hubungan ini," pungkas Roy Gori, President & Chief Executive Officer, Manulife Asia. (BS-001)


Tag:
DBS